How Blogging Start A New Slice of My Life

Saturday, October 27, 2018



Memulai blogging bukan hal yang mudah buat seorang saya, desty, yang cukup introvert. Belum terlintas di benak saya, kalau saat ini saya bakal punya blog atau laman saya sendiri. Saya masih dilevel sedikit di atas anak kemarin sore loh gaes, baru aja kemarin-kemarin blogspot eh sekarang mainnya udah jauh aja :'). Nggak menyangka sama sekali bisa sampai punya top level domain, punya Adsense, sama akhirnya baru faham Analytics beberapa minggu ke belakang. Aaah, time really flies :'). 

Flashback ke 6 tahun ke belakang, motivasi saya punya blog itu cuma satu, saya nggak mau jadi orang gila karena saat itu masih nganggur dan jadi freelance  atau di dunia medis enumerator. Saya nggak bilang jadi enumerator itu jelek loh, tapi memang saat itu mental dan ekspektasi saya yang tinggi belum kuat-kuat amat kalau kerja di lapangan itu nggak bisa setiap hari. 

Maklum aja, saya yang kuliah diploma 3 dan strata 1 Ilmu Gizi berasa shock banget saat hidup tiba-tiba nggak sibuk, karena masa kuliah saya mobilitasnya memang tinggi. Apalagi Ilmu Gizi sendiri masuk rumpun medis, jadi yaa pergi pagi pulang kuliah maghrib itu hal yang amat sangat biasa sekali. Pas lulus lamar ke rumah sakit, perusahaan makanan sana sini, nggak ada yang berujung mulus dan lulus. Kaya ada x factornya aja saat itu, tapi pas makin kesini saya pun menyadari kalau passion saya bukan disana kok.

Begadang cuma sekedar cari lowongan kerja itu dulu jadi salah satu habit yang kurang baik yang saya jalani. Jangan salah, saya pun pernah depresi dan mengalami post power sindrom dan merasa banget di titik terendah dan merasa gak berguna. 

Merasa jenuh cari lowongan kerja, saya mulai browsing baca hal lain salah satunya blog punya orang-orang hits saat itu. Karena saya berhijab, saya pun demen banget singgah ke blog hijaber buat tahu trend fashion hijab. Dari situ pun saya mulai sering baca beauty blog dan skincare blog juga supaya saya nggak salah beli kosmetik karena udah tahu reviewnya dari blogger lain yang skin type dan concern nya sama atau mirip-mirip. 

Karena ketagihan bacain blog, saya pun mulai lah ada keinginan pengen punya blog. Saya inget banget, kalau pas pelatihan SDT (survey diet total) saya bilang ini ke temen saya, Milahani. Jawabannya Mila itu simple tapi ngena, "yaudah bikin blog aja dulu des biar pas nggak ada proyek setidaknya gak bakal hampa-hampa banget hidup lo. Lagian blog gratis, nggak ada masalahnya mau laku atau nggak, toh kita nggak rugi da enjoy jalaninnya".  Super banget kan temen gue ini haha, dan saya berterima kasih banget berkat obrolan ringannya, hidup saya nggak berasa keresek lagi tapi jadi ada bobotnya :"). Nggak terbang kebawa angin banget laah haha.

via GIPHY

Because blogging and Photography its another self healing 

Selain ibadah 5 waktu dan berdoa, blogging dan memotret jadi kegiatan yang bantu banget di saya buat self healing, terutama mental. Efek ini nggak langsung datang gitu aja kaya minum obat atau makan indomie, haha. Berproses banget, soalnya saya introvert dan nggak mudah buat saya buat publish sebuah tulisan gitu aja. Apalagi dulu saya merasa kalau hidup saya itu banyak yang dirasa privat dan nggak penting banget kalau orang lain tahu. Saya pun targetnya nggak muluk-muluk, sebulan bisa 2 tulisan aja udah prestasi yang wow banget buat seorang yang introvertnya dulu parah.

Siapa sangka, dengan menyalurkan kebosenan saya ke blogging saya bisa merasa lebih bahagia dan lega ketika tulisan di blog rampung. Rasanya soothing banget ke kepala, sama sensasinya seperti kalau saya lagi piknik, mendadak segar bugar.  Saya pun merasa less stress karena menulis itu membuat saya jadi lebih tenang dan manage emosi lumayan lebih baik.

Belum lagi sensasi pas megang kamera, ambil foto banyak, dan editing sendiri dengan hasil yang cukup bikin diri sendiri enak dilihat itu udah bikin bahagia banget. Meski hasil fotonya biasa aja dan alhamdulilahnya nggak ada yang komplain nusuk mata dan lainnya, saya udah bahagia banget setengah mati kok :D. Apalagi kalau ada yang sampai muji, ah rasanya kaya terbang diatas pelangi *plak.


via GIPHY

Pokoknya bahagia banget deh kalau bisa beresin satu blogpost dan foto yang mumpuni enak dilihat. Apalagi kalau denger langsung dari orang terdekat ataupun yang komen diluar, kalau tulisan di blog ini membantu. Sesimple itu akutu bisa bahagia lahir batin loh gaess.

From blogging, i'm opening another door out of my horizon

Percaya atau tidak, blogging membuka banyak hal di hidup saya. Mulai dari tahu tempat baru, istilah ini itu yang bener-bener baru diketahui sampai bergumam bilang "oh kaya gini ya / oh ada juga yang kaya gini / waah, aku baru tahu dong. kemana aja atuh 25++ hidup ini".

Apalagi lewat blogging juga ketemu banyak teman baru yang lintas profesi dan background yang amat sangat berbeda 360 derajat juga ada. Semuanya jadi bisa ngasih insight yang berbeda banget dan saling influence yang positif banget baik lewat tulisan maupun ketemu langsung in person. Pokoknya setiap ada event atau gathering blog itu rasanya menyenangkan banget, karena excited banget ketemu orang baru.

Saya pun kepingin improve banyak blog sendiri, karena suka berasa remeh rempeyek kalau lihat tulisan dulu-dulu *tutupmata* saking receh dan nggak banyak faedahnya, lol. Belum lagi tuntutan jaman now kalau standard blog yang bagus makin naik, apalah hamba jelata ini ya allah yang nggak punya Dilan yang siap sedia bantuin blogging pakai kata biar aku saja Milea, haha.

Blogging demands and challenge me to always learn something new

Ini part yang paling susah, karena lewat blog saya mau nggak mau jadi harus belajar juga teknis blogging, karena content yang bagus juga ternyata harus ditunjang dengan blog yang mumpuni. Blogging mengajarkan banget ke saya bhawa demi blog yang nyaman, enak dilihat, dan konten yang baik itu butuh proses belajar yang panjang. Pokoknya jangan banget deh sampai kegerus jaman, gaptek, apalagi samapi julid berkelid hahaha, amit-amit dah.

Saya pun akhirnya terjun ngotak ngatik html yang simple banget tapi buat orang yang awam IT kaya saya ya jatohnya susah banget. Pernah pas awal blogging benerin tampilan tema blog itu begadang sampai subuh. Saking kudetnya hamba dan kepingin tampilan blog lebarnya enak perjuangannya segitu coba :").  Pas ketemu google analytics, adsense, DA/PA, bounce rate, dan lainnya nggak jarang saya harus ngulik sampe jadi kepompong biar khatam dan bisa. Mana sekarang udah jadi buibu, makin rempong lol.

Semuanya saya nikmati aja prosesnya, kan kalau bisa yang seneng juga bukan orang lain tapi akutu sendiri gitu gaess. Tapi sekarang semua kesulitan itu udah nggak susah banget kaya jaman old kok, soalnya udah banyak komunitas blogging yang bisa bikin saya lebih mudah memahami blog dan latihan bikin konten yang baik. Salah satunya adalah Bandung Hijab Blogger atau BHB.




Bandung Hijab Blogger ini memfasilitasi anggotanya bukan cuma buat datang event dan gathering, tapi juga latihan bikin konten lewat collab post. Nah selain tulisan saya ini kamu juga bisa mampir ke tulisanya Revi Okta. Kalau mau kepo maksimal, bisa juga mampir ke instagram Bandung Hijab Blogger looh, biar tahu tulisan lain dari teman hijabers yang jauh lebih kece loh gaes.

Oiya, bersama postingan ini juga Bandung Hijab Blogger dan Aksi Cepat Tanggap ACT bekerja sama untuk membantu saudara kita yang terkena bencana tsunami di Palu dan Donggala. Lewat postingan ini juga saya mau mengucapkan turut berduka cita, semoga korban disana tetap tabah dan kuat menjalani ini semua. Jadi yuk jangan lupa donasi juga ya lewat ACT.





Segitu aja ya cuap - cuap panjang lebarnya, sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya gaes :D.

All right reserved.
Do not copy paste without allowance 
Or any permission from authors.



37 comments

  1. iya Benerr, dengan blogging dan join komunitasnya. Jadi kita punya kesempatan buat belajar sesuatu yang baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, udah gitu jadi seru ketemu banyak temen baru :D

      Delete
  2. Setuju. Aku juga mulai blogging dr kuliah. Tp justru pas lagi nganggur, blog kaya tempatku untuk mengobati diri dr kenyataan pahitnya pengangguran..

    ReplyDelete
  3. Hai teh Desty! Aku juga suka blogging karena wawasan dan pemikiran kita bisa jadi lebih luas dan terbuka. Jadi kita bisa lebih luwes dalam menghadapi seseorang atau menghadapi hidup. Nice sharingg

    ReplyDelete
  4. Selamat hari blogger nasional teh. Buatku, dari blog memang banyak merubah hidup ke arah lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat hari blogger nasional juga revi, semoga perubahan positifnya terus berasa juga yaa :D

      Delete
  5. Bagus tulisannya ... Kadang aku juga ngalamin yayak gitu ...hee

    ReplyDelete
  6. Cantik banget say blognya suka dab betah lama-lama main disini. Hehehehe

    ReplyDelete
  7. Dilan yang siap sedia bantuin blogging pakai kata biar aku saja Milea - ngakak sih ini 🤣🤣🤣🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha alhamdulilah ternyata jokes aku retjehnya bisa bikin ketawa hehe

      Delete
  8. Awal ngeblog biar gak disangka orang gila, yaampun teh :))) tapi benee ya efeknya emang kerasa banget jadi semua bisa ditumpahin di blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe se frustasi itu kok aku pas belum kenal blog :)) hihi

      Delete
  9. aku juga ngerasa kalau blog sama motret ini jadi self healing, tos!

    ReplyDelete
  10. Wah ternyata mbak desty anak medis yaa... Keren. Dan sama mbak kaya aku, aku juga awalnya nulis di blog buat ngisi kegiatan dan sampe skrg malah bikin candu hihi

    ReplyDelete
  11. Semenjak aku ketemu teh desty nih aku jadi tau banyak soal blogging. Termasuk pertimbangan ngedomain-in pribadi blog aku karena masukan teh desty. Makasih yah. Sayang kita blum ada kesempatan ketemu lagi. Nanti kita ngobrol2 lagi ttg dunia perbloggingan. Sepertinya teh desty banyak banget ilmunya ttg dunia blog

    ReplyDelete
  12. waa aku tuh pengen rubah jadi TLD tapi belum paham-paham dan belum pede hehe. thanks for sharing ya teh :)

    ReplyDelete
  13. Betuull.. blog juga buatku jadi self healing. Biar gak gila kalau kita diem aja ya. Jadi ada aktivitasnya gitu. I feel youu..

    ReplyDelete
  14. masa masa nganggur emang bikin stress ya teh kupun begitu dan salah satu healingnya adalah nulis :) Duh, ajari diriku ini teh yang masih awam di dunia perblog-an :") masih kudu banyak belajar nih!

    ReplyDelete
  15. Hai teh! Salam kenal dari sesama introvert. Secara psikologis introvet adalah bagaimana cara kita bersosialiasi dimana ketenangan dan kesendirian lebih menyenangkan dan tetap bisa berkarya. Keep inspiring teh. Tulisannya bagus 😊💕

    ReplyDelete
  16. Ngeblog tuh selain berharap bermanfaat buat orang lain, yg terpenting adalah banyak manfaat positifnya buat diri kita sendiri yah. Tetep semangat teteh

    ReplyDelete
  17. Yup...join komunitas bisa bikin produktif dan nambah temen2 yg saling menyemangati :)

    ReplyDelete
  18. bagus mbak...semangat ngeblog terus mbak :)

    ReplyDelete
  19. Dan sampai detik ini aq masih enggak ngerti adsense, ajarin donk say...

    ReplyDelete
  20. ngeblog tuh emang penghilang jenuh wkwk

    ReplyDelete
  21. Bener ya, dengan nge blog kita jadi lebih bahagia, akupun merasakan hal yang sama

    ReplyDelete
  22. Wahhhh, motivasi awalnya out if the box, karna ga bisa ga ada kerjaan yah. Sebagai orang yang punya ilmu di dunia pergizian dan berhubungan sama medis, nulis juga bisa jadi sarana untuk berbagi informasi ya. Setuju klo nulis dan fotografi bisa jadi self healing. Semangat terus teh Desty.

    ReplyDelete
  23. Samaa deh.. Aku jg seneng photography kaya ada satisfaction sendiri gt. Meskipun foto sendiri nya jarang, tapi aku happy... Makasi teh, tulisannya bagus. Tetep semangat ya

    ReplyDelete
  24. Iya setuju teh dari blogging dan join komunitas aku jadi banyak temen baruu

    ReplyDelete
  25. Aku ngakak so hard teh baca ini "apalah hamba jelata ini ya allah yang nggak punya Dilan yang siap sedia bantuin blogging pakai kata biar aku saja Milea, haha." wkwkwkwk

    Sama teh, bener bikin nggak bisa tidur ya kalau urusan edit html g pas dan klik dihati, apalagi sekarang udah jadi emak, eh tantangannya makin terasa. Makasih teh sharingnya

    ReplyDelete
  26. Melepas stress sekaligus bermanfaat juga buat org lai.. Sepositif itu punya blog emg :)

    ReplyDelete
  27. Gara-gara blog aku ketemu Desty, yang ternyata adalah temennya si... Hahaha

    Yuk des, kapan foto-foto bareng? Biar bagus nih fotoku diblog kayak punya kamu ��

    ReplyDelete
  28. Blog tempat curhat yah teh. Saat org lain bukan pendengar yg baik blog jd.

    ReplyDelete
  29. Teeeeh, aku habis mengalami begadang sampe jam 3 demi ngulik-ngulik si tema :'( aku salut sama teteeeeh, thanks for sharing ya teh, keep inspiring

    ReplyDelete
  30. Aku juga kaya gitu teh. Blog jadi ajang mengisi waktu kosong selagi sambil nyari loker, soalnya bosen juga ga ngapa-ngapain.. :( Akhirnya mulai belajar hal - hal baru, kaya belajar fotografi pakai hp, editing, nyari pencahayaan bagus, sampai background yang cocok gitu" sampai belajar nulis yang bagus gimana. Thank you for sharing teh! :)

    hollabeautievers14.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeay ada yang sama kaya aku dulu *toss*
      tetep semangat ya blogging nya :D

      Delete
  31. Salam dari saya, saya juga suka berblogging, pokoknya mesti sentiasa ada motivasi.

    ReplyDelete
  32. Bener banget nih mba Widy, memulai ngeblog itu susah-susah gampang, gampang membuatnya, tapi susah konsistennya hehe, tapi mudah-mudahan di tahun 2019 ini saya bisa lebih konsisten ngeblog nya,... btw saya juga nyari-nyari komunitas blog nih karena betul banget kalua join komunitas akan sangat berguna dalam menjalin relasi dan silaturahmi antara sesame blogger, tapi sayangnya saya gak bisa join komunitas hijab blogger karena saya gak pakai hijab, tapi pakainya toga hehe, kalau ada info komunitas blogger bandung non hijab info-info ya hehe... salam kenal mba widy, kalau sempat mampir ke blog saya di https://www.febrianammar.com/ ya, terima kasih :)

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mampir dan comment ya :)
Jangan spam dan link hidup diantara kita ya, karena bakal aku hapus.