Saturday, August 31, 2019

Me Time Routine



Isu soal kesehatan mental itu memang lagi trending sekarang. Yup, mengingat tuntutan jaman now yang serba hectic dan harus bisa multitasking, rasanya nggak mungkin deh kalau nggak stress. Stress karena beban kerja atau beban hidup yang berat inilah, yang mau nggak mau harus bisa diuraikan dan di kurangi. Yah, melepas penat itu memang sebuah kewajiban kalau mental pengen selalu sehat dan waras :).

Belum lagi jadi manusia introvert kaya saya, yang kadang stress nya bisa makin ke trigger kalau lagi nggak mood tapi harus banget ketemu banyak orang. Salah-salah kadang saya jadi gampang kesel, dongkol, and blame maself again.  Cara ampuh buat  melepas penat dan kepusingan hidup ini adalah me time atau memberi waktu untuk diri kita sendiri. Waktu buat diri sendiri buat buang kejenuhan sekaligus me-charge baterai introvert saya supaya bisa full lagi.

1. Pampering My Skin

Akhir-akhir ini setlah mulai rajin skincare-an dengan lengkap per +/- 3 bulan yang lalu, skincare pagi dan malam itu jadi me time daily saya yang paling gampang dan pasti dikerjain. Apalagi udah jadi ibu, kan agak repot memang kalau mau me time yang susah-susah mah, haha. Keburu bayi nangis lah, pengen di gendong, atau malah pengen dituntun jalan kaya sekarang :).



Tapi kalau bener-bener lagi me time, saya sukanya nambahin maskeran juga. Biasanya kalau lagi santuy banget mah, bisa pakai clay mask lalu sudahnya pakai sheet mask. Ah, jangan ditanya deh udahnya muka jadi berasa seger, dan pori-pori pun rasanya plong, gada yang clogging lagi :D. Untuk clay mask favorit (sekaligus belum habis-habis) saya adalah Innisfree Color Clay Mask Hydrating yang warnanya biru.  Semoga secepatnya, saya buatkan reviewnya ya buat blog ini, sekalian sama current skincare routine :). Untuk sheet mask saya pakai apa aja yang ada deh, biasanya dari brand –brand korea aja karena essence nya tebel dan bikin kulit lembap.

2. Baca Buku

fotonya diambil dari postingan lama di blog ini,lol, :p

Harus saya akui saya lumayan bookworm juga ternyata, tiap ada waktu senggang pasti bawaannya baca buku. Baca bukunya bisa sambil maskeran, atau nggak memang menyempatkan aja main ke perpustakaan terdekat kaya dulu sebelum punya anak. Yang saya baca buat me time itu buku yang nggak perlu mikir-mikir banget, malah kebanyakan yang saya baca genre nya  self-help atau self-love sih. Supaya bisa memaksimalkan diri sendiri aja sih, dan belajar semakin mencintai diri sendiri. Apalagi pas dulu menghadapi quarter life crisis, dan sekarang menjelang mau kepala 3, mental inferiority, baca buku itu jadi hal wajib sih. Kalau udah larut dalam satu buku, rasanya bisa kayak lari dari kenyataan, hehe.

3. Try and Learn Something New

Permasalahan wanita setelah menikah dan punya anak itu adalah stagnan atau nggak berkembang. Harus diakui memang setelah punya anak, kita jadi lebih fokus ke hal yang rumahan banget ketimbang pengembangan diri. Banyak resiko yang cukup berbahaya memang kalau udah stagnan, baca sana sini, stagnan itu bisa ngaruh ke hubungan dan komunikasi sama suami. Bayangkan aja, waktu sebelum menikah dan punya anak yang asalnya serba tahu, pintar, pas udah nikah tiba-tiba nggak uptodate, serba nggak nyambung :(.




Buat pencegahan stagnan, saya mau nggak mau pas me time saya juga belajar hal lain sih supaya nggak kudet. Mulai dari belajar pakai procerate, baca soal teknis blog, fotografi sampai belajar main playstation bareng suami juga haha. Meskipun nggak bisa langsung total belajar, karena waktunya cukup terbatas. Akhir-akhir ini malah pengen belajar beres-beres ala konmari biar manfaatnya dobel,ilmunya dapet rumah beres dan rapihnya pun dapet.  Follow orang-orang yang inovatif di Instagram, dan buka pinterest juga salah satu media belajar yang ampuh kok buat pengembangan diri.

4. Berbagi Jadwal Me Time

Demi kesehatan mental bersama, nggak ada alasan buat kasih waktu pasangan buat me time. Sesimple biarin suami main game, atau olahraga. Buat saya suami juga perlu me time, karena sama-sama kerja dan sama-sama rawan jenuh dan stress. Selain itu, kalau suami dikasih me time kan nggak ada alasan buat ganggu pas saya me time sih, hahaha.  

5. Beberapa Jam No Gadget 

Sehari-hari pegang gadget pasti rasanya kecanduan banget, nggak bisa kalau gak ada gadget atau gawai. Urusan kantor, kerjaan, rumah, belanja dan lainnya pasti banget harus sedia gadget. Nggak bawa dompet pun masih aman asal ada gadget atau handphone. Actually, my gadget is my everything.

Resiko ketergantungan gadget itu ya, kadang mendekatkan yang jauh menjauhkan yang dekat. Jadi kalau udah kaya gitu agak bahaya memang, ketemu orang aja bisa seolah jadi asyik sendiri kalau ada gadget. Nggak mau hubungan jadi anti social gitu, suami dan saya suka menyempatkan waktu buat jauh dari gadget kala weekend. Jadi setiap minggu kalau udah waktunya main ke luar rumah, sebisa mungkin ngurangi main gadget dan banyakin ngobrol berdua atau malah bertiga sambil nemenin main anak.Hasilnya yah, quality time banget keluarganya dapet banget. Seenggaknya buat keluarga kecil saya, komunikasi jadi lebih lancar aja dan bisa maksimal buat bonding ke anak yang memang senin-jumat, 8-17, saya tinggal kerja.



Jadi nggak ada syarat khusus untuk me time kok, pada intinya ya melakukan apa aja yang kita sukai dan imho kita sendiri bisa merasa larut di dalam kegiatan. Goals nya setelah me time ya pikiran jadi lebih fresh saat kembali ke rutinitas semula. Kalau me time versi kalian kaya gimana? Ada yang sama kebiasaan me time nya kaya saya? Hehe.

All right reserved.
Do not copy-paste without allowance 
Or any permission from authors.



22 comments on "Me Time Routine"
  1. Menarik nih buat try something new.. emang kita butuh buat keluar dari zona nyaman ya teh

    ReplyDelete
  2. whaaaa seru banget me timenya, setuju sama bebera jam tanpa gadget berasa tenang lahir bathin ya teh hehe

    ReplyDelete
  3. Wah fans 88 love life juga ya teh..siap2 bakal launch yg ke 4 lhooo hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, tapi yang ketiga aja aku belum beli *ups*, mau boyong sekalian deh hehe

      Delete
  4. aku juga lagi pengen banget buat puasa gadget nih teh dan bener juga ya kalau udah punya pasangan tetep kudu me time sendiri sendiri

    ReplyDelete
  5. Beberapa jam tanpa gadget yang harus kucoba. Tp selali gak kewujudin gr2 kebanyakan kerjaan dikerjain di hp. :/

    ReplyDelete
  6. susah bnget deh kyaknya buat coba no gadget hhu soalnya salah satu me time ku main game wkwk

    ReplyDelete
  7. setuju banget teh dengan salah satu me time nya tentang beberapa jam no gadget...aku juga mulai menerapkan ini..biar gak tambah stres

    ReplyDelete
  8. Baca buku udah yg terbaik sih teh hehehe

    ReplyDelete
  9. Beberapa jam tanpa gadget nya patut ditiru nih. Semoga aku bisa konsisten yaa~

    ReplyDelete
  10. Beberapa jam no gadget kayaknya patut dicoba nih aky udah lumayan nyandu soalnya. Aduhh

    ReplyDelete
  11. Try something new itu jg aq bangedd, apalagi diriquw mah segala pgn dicobaan yg berujung g fokus ke satu hal 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama teh, kadang aku juga jatuhnya ngarawuh ku siku kok hahaha

      Delete
  12. Trying something new is my passion

    Tapi banyakan berakhir di niat aja, dilakuin kaga huahahaha
    sediiih

    Semoga nanti lebih bijaksana lagi dalam memanfaatkan waktu jadi nggak keteteran :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. akupun gitu laili, suka maju mundur kalau semangat ya dikerjain tapi kalau lagi mager heu, pengennya males-semalesnya. mungkin lagi butuh jeda aja hehe.

      Delete
  13. Wah mbak samaan aku juga punya buku bukunya Diana Rikasari hihi. Me-time ku tuh nulis dan foto foto produk. Kalo udah ngelakuin dua hal itu aku ga bakal sadar waktu lewat haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss samaan :D. memang kalau udah motret, suka makin betah apalagi kalau hasil fotonya bisa muasin lahir batin diri sendiri :)

      Delete
  14. Sama tuh kaya aku me time nya skincare an, apalagi pas maskeran pake sheet mask rasanya tuh nyess banget.. relax 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, apalagi kalau sheetmask nya wangi makin betah dan nggak rela dilepasin padahal cuma butuhnya 15 menit hehe

      Delete
  15. this post is amazing!
    Kisses,
    Tijana

    http://itsmetijana.blogspot.com/

    ReplyDelete
  16. Nice post, kak!
    pingin banget sih me-time yang bener2 maksimal gitu.. selama ini aku cuma pamper my skin aja :(

    Alexa from https://ginandglow.blogspot.com

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mampir dan comment ya :)
Jangan spam dan jangan ada link hidup diantara kita ya, karena bakal aku hapus.