Review : Bourjois Rouge Velvet Shade 09 Happy Nude Year

Sunday, May 31, 2015


Hallo all in last of May :)
Ini dia gincu yang lagi hype banget dan di cari banyak orang Bourjois Rouge Velvet atau BRV. Setelah menunggu 3 bulan lebih lipstick ini ketahan di custom, finally she arrived to my home safely *yippie*. I preordered this item on December last year on femaledaily. Harusnya estimasi datang paling telat pertengahan januari, tapi ketahan di custom sampai maret >.< . Awalnya udah hopeless banget, ga akan dapet, tapi beruntung ownernya, mak Nayzu, terus ngusahain sampai akhirnya release. Thank you so much yah mak Nayzu ^^. Pada gak sabar juga kan pengen tau gimana isinya, so keep reading yaah ;).






Bold, matte and long-lasting colour with 24hr hold. It's lightweight, velvety texture and non-drying formula gives extreme comfort that doesn't smudge! From sassy reds to vibrant pinks and everyday nudes there is a colour to suit every occasion (source: Boots.co.uk)

Bourjois Rouge Velvet (BRV) ini liquid lipstick matte dengan tekstur velvet di bibir. Bourjois ini sebenernya merk drugstore  di UK sana. even drugstore, i think the price in Indonesia is not cheap like another drugstore brand. Lipstick ini banyak diburu makeup addict, soalnya matte gak bikin kering, pigmented, lightweight, dan tahan lama. Saat ini BRV ini ada 12 shade kalo di luaran sana. Tapi yang release di Indonesia baru 8.Yang aku pilih ini salah satu shade yang gak baru banget sih sebenernya yaitu si Happy Nude Year. Shade nya sendiri kayanya udah ada dari akhir taun 2014 gitu kalo di Eropa sana. Namanya sendiri emang  kode berat menyambut tahun baru, dan tahun 2015 ini bakal ngetrend lagi nude lipstick.

shade barunya bourjois (pic from here)

FYI, 3 shade baru lainnya punya nama yang gak kalah unik, ada Beau Brun, So Hap Pink, Don’t Pink of It, dan ketiganya itu nude series *ngiler pengen punya semua*. If you follow instagram @thelipstickmafiaa you can found if beau brun is dupe of LC Riot.   






Simple and minimalis. Itu sih yang ada di benak aku soal packagingnya. IMO, packagingnya kaca mirip lip elixir dari Maybelline. Karena botolnya bening jadi gak perlu colak colek lagi sih kalo penasaran ama warnanya. Kalo dibilang rawan pecah atau gak aku gak tahu ya, soalnya belum pernah banting atau sengaja jatohin ini *amit-amit*. Sejauh ini aku biasa aja ama packagingnya, no problemo.




Botolnya sendiri tipe ulir gitu biar bentuk badannya kotak. Aplikatornya sendiri tipe doe foot, seperti liquid lipstick lainnya. Bedanya ujung doe foot nya meruncing, jadi lebih gampang buat apply inner lips. Ukuran botolnya rada gedai gitu, kalo di aku masih tetep travel friendly sih, hehe. Lipstick ini pas datang memang gak ada plastic seal, tapi kalo diperhatiin di deket label nama shadenya sebenernya itu sealernya. Aku ga bisa jelasinnya pokonya ada gurat kecil-kecil gitu. 







Ingredientnya sendiri gak kecantum dikemasannya, jadi ini aku comot dari website boots.co.uk. Untuk expired datenya lipstick ini cuma bisa tahan 12 bulan aja setelah dibuka. Wanginya agak aneh sih, kecut-kecut asem gitu. Kalo persepsi hidung aku, ini wanginya kaya bunga rosella gitu *yang suka atau pernah minum teh bunga rosella pasti tahu gimana kecutnya*. Tapi kata orang luar wanginya kaya buah-buahan kering gitu. Wanginya lumayan agak lama nempelnya, tapi gak nyengat atau ganggu hidung gitu soalnya lama-lama juga wanginya berkurang kok. Masih smells friendly buat yang gak suka aroma segak-segak. Per piece nya, BRV ini isinya 7.7 ml atau 0.2 oz.






Ngomongin warnanya awalnya aku merasa sedikit tertipu pas lipstick ini datang dan liat botolnya, kok gak ada nude nya sama sekali, cenderung vivid atau bright -_-. Warnanya gimana yah bright pink–peach-coral gitu. Karena skintone ku strong yellow, agak deg-deg an gitu sebenernya sama peachy lipstick, soalnya salah warna peach sukses bikin muka kuning jadinya :(. Fortunately, this one not make my appreance yellowish, hehe. Mungkin karena jadinya dominan pink warnanya jadi gak terlalu peachy dimuka ^^.
Texture BRV ini velvety dan lebih cair dibanding nyx smlc atau lipcream lain, dan terkesan kaya tekstur lip gloss kalo belum set di bibir. Agak butuh waktu buat bikin teksturnya set di bibir sekitar 5 -10 menitan deh *maap ga dinget-inget*. Jadi usahakan kalo lipsticknya belum ngeset jangan makan dan minum apapun, soalnya bakal transfer kemana-mana. Tapi kalo udah set, lipstick ini bakalan velvety matte kok hasilnya dan gak akan transfer kemana-mana.



BRV ini agak patchy gitu kalo di bibir pas lagi chapped lips. Jangan lupa exfoliasi yaa biar kece bibirnya :).  Selain itu yang aku rasain lipstick ini juga patchy ./ gak nyatu kalo jarak apply dari lip balm ke lipsticknya kecepetan.Mau gak mau kalo pake lip balm, kasih jeda agak lama sampai lip balm nya meresap sempurna. Atau kalo lagi kepepet alias last minute, lip balmnya di blot tissue aja dulu, baru apply ini diatasnya :).
Untuk apply nya aku sendiri butuh 2-3 layer, soalnya bibir aku agak gelap warna aslinya. Kalo baca di boots.co.uk, aplikasi lipsticknya bisa pake jari tangan buat bikin soft look lips gitu. Memang terbukti sih aku coba di ratain pakai jari bikin lipstick lebih nempel dibibir. Tapi jangan salah aplikator bawaannya juga enak dipakai, jadi gampang juga kok apply lipsticknya.So apply nya mau pakai aplikator atau tangan suka-suka aja yah hehe. 





Walaupun BRV ini claimnya matte, finish nya velvet gitu sesuai namanya. Matte nya juga enak, kalo bibirnya smooth gak memperjelas garis bibir dan gak bikin bibir kering. Agak lengket tapi gak selengket lipgloss sih, hmm.. susah di deskripsikan lah pokoknya :D. Selain itu ini lightweight banget, berasa gak pakai lipstick saking ringannya, hehe.

BONUS

swatch in 1x swipe

By the way BRV Happy Nude Year ini banyak yang bilang di Female Daily mirip sama Nyx SMLC Antwerp, cuma versi soft color nya lah si BRV ini.  As you can see in picture above, kalo BRV Nude Year ini lebih soft atau muted dibanding Nyx Antwerp. Tapi kalo dibandingin sama Wnw Megalast Rosebud (will be reviewed) ini hampir ga ada bedanya :). I think i found some dupes from this BRV hehe. Walopun teksturnya beda jauh, tapi kalo dipake hampir ga ada bedanya warnanya mirip :D.




Honestly I must tell the staying power can lasting more than 6 hours without meal and drink, so long last banget pokoknya. Kalau dipake makan minum barbar juga gak ilang-ilang banget, masih ada stain sedikit. IMO, buat non bold shade, ini termasuk awet. Selain buat daily use, cocok juga buat dipake ke kondangan atau event penting lain yang butuh lipstick tahan lama. Kalo baca di blog lain yang punya BRV yang bold shade, yang bold jauh lebih tahan lama dibanding yang nude nya.    




BRV shade ini nampaknya belum masuk dikonter bourjois Indonesia, jadi masih harus preorder. Buat harga preorder bervariasi, gimana diskon di web, kurs juga ya buibu. Harganya bisa dari IDR 180.000 – 200.000 dan  jangan lupa harga kesabaran selama 4-6 minggu. I get this one in discount price from marketplaza femaledaily in price IDR 175.000. Kalo ready stocknya bisa lebih mahal sekitar IDR 200-230 ribu :o.



BRV ini gak overhyped banget buat dimiliki *ceilah. Bener-bener most wanted item, soalnya kualitasnya memang gak di ragukan. Sangat lightweight, longlast, dan gak bikin kering. Jadi wajar banget kalo banyak ciwi-ciwi yang mau punya dan rebutan buat ngoleksi ini lipstick :D. Kalo suka dan pengen koleksi warnanya, selamat hunting dan senggol bacok cantik ya dapetinnya :p.     



+ Matte & velvety finish
+Easy swipe with angled applicator
+ Pigmented and opaque to cover my dark lips
+ Great staying power and longlasting


- Need some trick to apply
- Susah dapetnya dan mahal 

Repurchase? Mikir dulu kalo beli warna lain. 

Thank You For Reading
Salam and much love,

All right reserved.
Do not copy paste without allowance

Or any permission from authors.

19 comments

  1. Wah long lasting dan masih keliatan meski udah dipake makan barbar? Kayaknya cucok buat aku juga nih.. Tapi sayang amsih PO ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya longlast banget ini asal bener2 set lipsticknya
      iya cocok kok buat kulit orang asia yang warm tone ^^
      betul belum masuk ke indo shadenya bourjois yang baru2 :(

      btw thank you for stopping by ^^

      Delete
  2. Mahal yak. Di Indonesia udah ada di supermarket, 280rb an Kl gak salah

    ReplyDelete
  3. Aku suka banget sama warnanya! BRV sama WnW mana yang lebih long lasting? Malah ngelirik WnW hehe

    bjorkiagadzotica.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya warna- warna pink coral ini emang lovable banget ^^
      lebih longlast BRV, soalnya matte
      kalo yang wnw itu semmi matte jadi cepet ilangnya :)

      Delete
  4. Ihhh, kepincut banget sama warnanya
    matte lagi, aku suka susah nemu lipstik mate yang cocok :p

    serbaserbiijessie.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi ayo dicobain jess, ini warnanya bakal cocok dikamu hihi :D *ngeracunin*
      Gak bakal nyesel kok punya ini :)

      Delete
    2. Hihi ayo dicobain jess, ini warnanya bakal cocok dikamu hihi :D *ngeracunin*
      Gak bakal nyesel kok punya ini :)

      Delete
  5. Halo salam kenal :)
    Reviewnya bagus, aku juga lagi cari2 swatch shade Happy Nude Year juga.

    Btw, aku baru aja follow blogmu.
    Mind to follow each other?
    Please visit my blog :)

    gotchadiary.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo chariez

      Thank you sudah mampir ke blog aku ^^,
      semoga keracunan juga ya buat beli si HNY nya hihi :p.
      okay followed yaa :)

      Delete
  6. Reviewnya menarik bnaget. dah lama penasaran sih soalnya bourjois ini hits banet di Instagram. Tapi emang pakainya sepertinya harus pake trik.

    Salam kenal ya,

    http://liveitcolorfully.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Ayu :)
      iya bourjois ini hits banget saking hitsnya yang mau ini juga banyak senggol bacok hehe :D

      Thank you sudah mampir yaa :)

      Delete
  7. Untuk bibir cenderung gelap, lebih cocok mana ya, happy nude year atau nudeist? Atau malah warna lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm...
      Bingung sih, soalnya sama-sama bagus kok warnanya, dan gimana selera juga
      Bibir aku juga agak gelap kok, dan ini masih bagus2 aja sih asal di layer sampai dapet warna yg di mau.
      HTH yaa ^^

      Delete
  8. haiiii....Klo beli di marketplaza female daily nama sellernya siapa?cakep warnanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Nayzu Rini, kalau nggak coba di crownbox yaa :)

      Delete
  9. peach clubnya cocok buat bibir warna gelap,cuma butuh saran nih skrg,warna apa ya yg cocok buat bibir gelap biar wajah agak terang
    makasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Riski,
      Yang di review ini bukan peach club tapi happy nude year
      In my opininon sih yg bold kaya fuschia, red, maroon, yg bakal bikin muka agak terang, tapi gimana preference tiap orang juga sih pedenya pakai warna apa

      Delete

Terima kasih banyak sudah mampir dan comment ya :)
Jangan spam dan link hidup diantara kita ya, karena bakal aku hapus.