Review : NYX Soft Matte Lip Cream in Antwerp, Ibiza, & Milan

Sunday, December 21, 2014



Assalamu’alaikum..
Hai Semuanya :)
Jujur aja kemarin-kemarin sempet males banget buat review, gegara anemia pas period. Duh, beneran anemia bikin 5L kambuh (lemah, letih, lesu, lunglai, and letoy), ga semangat nulis sama sekali. Nah, berhubung sekarang udah ga anemia lagi and my mood is back, mulai bisa enak buat nulis lagi deh. Well, kali ini aku mau review lipstick favorit sejuta umat, si NYX Soft Matte Lip Cream atau disingkat Nyx smlc. Soalnya ini lipstick booming banget ditahun 2013-2014 ini, banyak di rave  beauty blogger, and beauty guru juga loh dimana-mana. Pertama kali cuma punya Antwerp aja, itu pun buat wisuda bulan april lalu. Eh karena enak, aku sendiri addicted ama ini lipstick, sampe punya 5 malah sekarang *hadeuh*. Yang 2 menyusul yah, jadi ntar aja yah di postingnya :P.




Neither lipstick nor lip gloss, this matte lip cream is a new kind of lip color that goes on silky smooth and sets to a matte finish. Soft Matte Lip Cream is surprisingly durable and, unlike some matte lipstick formulas, also moisturizing. (source : nyx official website)

Nyx Soft Matte Lip Cream atau biasa disingkat nyx smlc ini adalah lipstick matte yang bentuknya cream. Its look alike cream cake, smoothing and easy spreading on the cake. Kebayangkan silky and smooth nya gimana cream cake diatas kue, apalagi kalo dipake dibibir, hihi. Ini lipstick juga matte, pigmented, jadi bakalan pop out pas apply.
SMLC ini ada 22 shade loh dari koleksi 2013 dan 2014, jadi pilihanya buanyak pol dah, dari nude, bright pink/red, neon, sampai dark juga ada. Yang unik, NYX ini pake nama kota-kota fashion ternama di dunia dari setiap benua. Antwerp in Belgium, Milan in Spain and Ibiza in Spain ternyata bukan di mesir (sudah diralat postingannya) , hehe. FYI, beberapa shade ada yang mencirikan ciri khas kotanya juga loh, hehe.



ini yang milan buat contoh di foto, hehe

Nyx smlc ini simple packagingnya kaya lipgloss, dengan plastic bottle dengan aplikator tipe doe foot sponge. Bagian tutup aplikator atau lid warnanya hitam ngedop, dan warna botol/tube nya tergantung shade didalamnya. Walaupun ga sama persis, at least the tube can describe much about the color inside, hehe. Di bagian belakang tube ada ingredients, best before use, dan logo cruelty free. Di bagian bawahnya ada nama shade dan nomornya. Ukurannya sendiri pas aja kok, travel friendly and not bulky anymore. Jadi ga ngabisin space makeup pouch kok, hehe.

 First and second bought, I got it without any sealed, karena saat itu nyx belum pake segel buat smlc nya, entah itu beli dikonter atau online shop. Tapi sekarang nyx smlc udah di segel, itupun beberapa shade katanya. Please nyx sealed all over your lips product yaah, to make sure your consumer satisfied when the lips comes to our house, hehe :)



zoom in buat lebih jelasnya ya :)

Kalo buat bahan bakunya bisa di cek ya guys di kemasannya. Yang aku lihat masih ada methylparaben, makanya daya tahannya bisa sampe 18 bulan. Karena produk luar jarang nyantumin kapan produksinya, jadi udah jadi kesadaran kita sebagai konsumen buat inget kapan expire date nya yah.
Oia buat 1 tube isinya 0,27 oz atau 8 ml aja. Sedikit memang, tapi karena matte dan ga apply banyak-banyak, cukup-cukup aja sih. Buat yang ngerasa kurang atau cepet abis, bisa diakalin, dengan cara dibuka bagian ulir yang plastiknya. Cara ini aku tahu dari salah satu user Female Daily dan banyak yang berhasil. Tar kalo udah coba, aku update deh, hehe. 



Kalo dari official nyx nya 3 shade yang aku punya itu punya deskripsi warna kaya dibawah ini:

Antwerp              : mid-tone yellow-tone pink
Milan                    : Mid –tone blue tone pink
Ibiza                      : matte deep rosy pink


  • Kalo dibibir aku antwerp ini warnanya jadi pink coral, tapi yang pink nya lumayan kenceng ketimbang coral nya sendiri, so-so lah kalo dibibir.
  • Milan jadinya ini deep pink, dengan cool undertone, dan cenderung keunguan muda walopun ga seungu muda shade Sydney.
  • Yang aneh bin ajaib ini Ibiza, its unpredictable shade for me, the colors change to red watermelon on my lips. Unlucky me dah, niatnya rosy pink jadi red watermelon, (liat di bawah ya gambarnya). Although, the color/shade is red, actually it still wearable for daily look
Texture nya seperti deskripsinya creamy, smooth, not sticky, and easy to swipe. Something creamy like an cream cake, isn’t hurt you right? hehe. Aku sendiri sejauh ini ga punya masalah ama teksturnya, suka banget malah, hehe. Karena teksturnya enak awalnya cair gitu, tapi kalo udah set bakalan matte. Smlc ini punya wangi vanilla juga, nah loh makin kebayang kan kaya cream cake nya gimana? hehe. Wanginya sendiri gak semriwing kaya vanilla essence dikue-kue, cenderung soft buat aku, kalo udah di apply juga pasti cepet ilang.


Nyx smlc it’s easy to apply on your lips, kaya pake lipgloss aja langsung swipe :D. Aplikatornya yang doe foot memudahkan buat bikin bentuk yang rapi dan presisi, jadi ga harus takut cemong. Actually IMO, nyx smlc ini agak aneh kalo di apply beberapa layer di bibir, soalnya sekali swipe aja udah pigmented banget apalagi lebih. In my experience, more than 2 layer the result will changing. Hmm, susah buat deskripsiinnya, rasanya kaya menggumpal aja dibibir dan hasilnya ga  merata jadinya.
Make sure before apply matte lipstick, no chapped lips anymore. If you have chapped lips don’t forget apply lip balm first. As always, i usually use lip balm first and wait a minute before apply smlc. And also, I never erase my lip balm. Use lip balm with non-greasy or shiny formula to make your lips not shine like using lip gloss. Tapi kalo gak da pun gak apa sih, soalnya ntar juga efek shiny dari lip balm hilang juga kok, cuma agak lama jadinya.


my lips look shiny coz flash effect and i forgot to blotting my lipbalm :(
Finishing smlc ini udah jelas emang matte and pigmented. By the way, karena ini matte jangan kaget kalo hasilnya emang memperjelas garis – garis bibir (nanti aku update yah yang garis-garis bibirnya) dan it risk to make your lips dry. Jadi syarat utama pake matte memang kondisi bibir juga harus lagi bagus yah. Smlc ini opaque juga bisa menutup warna bibir yang agak gelap, macem sayeu punya. 
Diantara ketiga shade yang aku punya, Antwerp ini yang paling cepet bikin kering gak tau kenapa, dibanding Milan dan Ibiza yang jatuhnya ga bikin kering. Di FD juga banyak kok membernya yang bilang antwerp ini paling cepet bikin kering -.-".  Buat shade yang agak deep and bright, smlc ini bakal ninggalin stain loh, jadi ga gampang ilang pas makan :).


Overall, staying power can lasting 4-5 hours tanpa makan dan minum. Kalo pake lip balmnya yang tipe greasy dan masih shiny, smlc ini bakal lebih gampang banget transfer ke gelas. Jadi tunggu dulu sampe set biar ga transferable. Atau cara lain di blot dulu pake tisu, udah gitu apply ulang lagi, cara ini juga bakal bikin awet juga loh lipsticknya.  Sejauh yang aku coba dengan ngeblot dulu bibir, smlc ini ga menggumpal yah. Nah, kalo dipake makan, staying powernya paling lama cuma 2 jam. Soalnya ini lipstick bakal ludes kalo dipake makan, kalo ada sisa itu pun cuma di bagian outer ring bibirnya aja. Kalo hawek alias rakus gitu sih aku ga bersisa apa-apa. So, jangan lupa touch up yaa, pas abis makan :).


Harganya sendiri sekitar IDR 80-100 an kalo di online shop. Aku sendiri beli di olshop masih harga IDR 85k, berhubung dollar naik sekarang sekitar 90k. Kalo di conter nyx di mall-mall sekitar IDR 95-100k harganya.

Buat matte lipstick lover, yang baru tahu makeup, atau mau coba lipstick matte, nyx smlc is worth to try deh, hehe. Dengan harga yang masih terjangkau dengan shade beraneka macam range warna, nyx smlc ini bisa jadi pilihan buat yang pengen punya matte lipstick dari kelas drugstore us sana .




+ Affordable price
+ Have many colors/shade
+ Matte finish, with creamy texture
+Easy swipe
+Vanilla scented
+ Pigmented and opaque to cover my dark lips
+ travel friendly


- Lip balm needed, coz tends to make chapped lips
-Staying power so-so

Repurchase? Already malah ;p

Thank you for reading :D
Salaam and much love,



All right reserved.

Do not copy paste without allowance

or any permission from authors.

22 comments

  1. Yang ibiza bagus ^^ suka warnanya ^^

    Follow back my blog Desty http://misskarlina.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo dibeli dibeli, hihi *ngeracunin*
      warnanya bagus, siapa tahu di kamu hasilnya bisa rosy pink ^^
      okay, udah aku follow ya blognya hehe yg gfc nya desty widyani :)

      Delete
  2. warnanya bagus bagus yah , sayangnya bikin bibir kliatan kering, .
    nice review :D

    torichux3.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, namanya juga matte emang resiko bibir keliatan kering, jadinya harus banyak-banyak lipbalm ^^
      thank you for stopping by :)
      nanti aku mampir-mampir ya blognya :)

      Delete
  3. Thanx for coment in my blog. I follow you now. Please follow me back :)
    xoxo
    http://smellofpeony.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. foto-fotonya lucu *salah fokus*
    duh jadi tambah pengen koleksi si smlc ini
    anw aku follow blog kamu ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. smlc nya yang lucu kok, hehe
      ayo ayo koleksi :D *ngeracunin* hihi
      thank you ya dien chan :)

      Delete
  5. antwerp kesukaan aku jugaaaa hihihi,,

    ReplyDelete
  6. belum berani pake matte karena bibirku gampang kering XD
    masih betah pake lip tint
    yang ibiza bagus warnanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dong :D *ngeracunin*
      pakai lip balm aja sebelumnya, soalnya pake matte lippies sama liptint sama2 ngeringin hehe
      iya ibiza bagus warnanya walaupun agak kemerahan kalo di bibir

      Delete
  7. Bocorin os mana say yg suka dibeli?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai riska ^^
      aku beli nyx smlc di mooishe dear :)

      Delete
  8. pop color!
    iii suka sama warna2nya sis!
    lip cream ini lagi ngetren ya..
    jadi pengen juga nih..
    sala kenal sista, visit juga blog saya yaaa :)
    http://naziezie.blogspot.com/

    ReplyDelete
  9. Biasanya brp harganya kl di counter mbk ?
    Soalny aku beli online warnanya jelek :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku gak tahu kalo di konter berapa, yang pasti lebih mahal

      Delete
  10. Bagus banget yah suka cara fotonya

    ReplyDelete
  11. Ini informasi review lipstick yang bagus , semoga ke depannya selalu menjadi info review yang akurat dan berimbang untuk female Indonesia. Dengan adanya informasi produk seperti ini akan memberikan wawasan dan memudahkan saya mendapatkan produk yang sedang dibutuhkan. Welldone, good job! Salam kenal dariku.

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mampir dan comment ya :)
Jangan spam dan link hidup diantara kita ya, karena bakal aku hapus.