Mudah Beneran Sehat Tubuh dan Finansial Bersama FWD Cancer Protection

Sunday, December 27, 2020


Penyakit Tidak Menular (PTM) masih jadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia maupun dunia. Jauh dari sebelum pandemi covid 19, PTM atau penyakit degeneratif ini memang sudah tinggi kasusnya, yang tadinya usia lansia sekarang mulai bergeser ke generasi muda. Menurut data Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (Direktorat P2TM) Kementrian Kesehatan saja kasus angka kematian tertinggi ada di Penyakit Jantung Koroner (PJK), lalu KankerDiabetes Melitus dengan komplikasi, tuberculosis (TBC) , dan  PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis). 



Seremnya sungguh ga kaleng-kaleng, ya kan? Apalagi PTM ini juga bisa menjadi faktor comorbid dari covid 19 juga, hiks. 

Buat saya pribadi, rasanya penting banget ya untuk terus menjaga diri dari penyakit, apapun deh mau penyakit infeksi seperti covid maupun penyakit tidak menular seperti kanker. Yup, kanker ini salah satu yang cukup riskan untuk perempuan, karena perempuan punya hormon estrogen dan juga resiko kanker di organ payudara dan juga rahim. Resikonya memang lebih besar dibanding laki-laki ya, huhu. Meskipun  teknologi kesehatan saat ini mumpuni, sekarang kanker memang bisa disembuhkan terutama stadium awal dengan deteksi dini yang baik. 

Jadi kalau ada wejangan dari orang tua jaman dulu soal perempuan harus pintar merawat diri itu ada benarnya ternyata. Karena yang dirawat harus luar dan dalam tubuh, dan juga pikiran. Biar sekalian sehat itu cantik ada baiknya memang untuk melakukan pencegahan. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, rasanya menjaga kesehatan harusnya bisa dimulai saat ini juga. 

1 | Memulai Gaya Hidup Sehat dengan Pola Makan Dengan Gizi Seimbang

Udah rahasia umum banget kalau gaya hidup sehat adalah koentji kesuksesan. Terdengar cliche, tapi menjaga gaya hidup sehat dan pola makan bukan perkara mudah. Apalagi di jaman now 2020 ini, rasanya dalam menerapkan gaya hidup sehat itu banyak godaan nya. Meskipun godaan nya banyak, ya jangan kalah juga kita-kita ini. 

Pic : Ditjen P2TM


Buat saya memulai gaya hidup sehat itu hanya memulai menerapkan Pedoman Gizi Seimbang dan memperhatikan isi piringku seperti yang ada dari Kementerian Kesehatan. Sebagai ahli gizi, rasanya harus bisa aja nerapin yang ada di PUGS dan isi piringku ini, hehe. Bisa dilihat ya, kalau panduan ini udah lengkap  dan jelas banget, dan cukup mudah dilakukan asal mau konsisten aja. Inget konsisten ya koentji ya bubu dan pabapak, *ehem* hehe. Selebihnya ya paling memperkaya konsumsi tinggi antioksidan dari buah dan sayuran yang berwarna seperti sumber flavonoid, dan zat aktif lainnya. 

Pic : Ditjen P2TM 

Saya pribadi saat ini udah mulai ngerem jajan yang kurang sehat, dengan mulai moderasi aja yang di konsumsi. Hidup cuma sekali dan makan juga kudu rekreasi, hehe. Dengan kesadran hidup sehat, rasanya jadi alasan kuat supaya tetap bisa membersamai anak tumbuh dengan fisik yang sehat. 

2 | Mulai Meningkatkan Aktifitas Fisik & Olah Raga 

Pic : Unsplash 

Olahraga itu sekarang lumayan hype lagi semenjak awal pandemi. Menurut aku, sekarang mau olahraga jadi lebih mudah karena banyak pilihannya, dan beberapa ada yang bisa di ikuti dari platform online seperti versi gratis via youtube maupun yang berbayar lewat zoom. Atau kalau suka sepedahan bareng bisa jauh lebih seru lagi. Kalau saya sih, suka banget dengan 10.000 langkah/hari karena cuma itu yang bisa realistis di kerjakan sebagai ibu balita, hehe. 

Secara teori, menurut Asosiasi Dietisien di Inggris, baiknya olahraga itu dilakukan 3x/ minggu dengan durasi minimal 60 menit atau 150 menit per minggu. Karena olahraga yang baik, tentunya bisa membantu kesehatan tubuh dan juga organ penting. Selain itu juga bisa dapat benefit lain seperti menurunkan berat badan, pembentukan otot, meningkatkan densitas tulang dan lainnya. Menurut jurnal NCBI, dengan olahraga tidak hanya untuk preventif kanker, tapi olahraga juga bisa membantu meningkatkan kondisi pasien kanker agar lebih fit dan memiliki imun yang baik. 

Selain olahraga, jangan lupa untuk memperbanyak aktifitas fisik ya, apalagi sejak berlaku work from home ini yang suka bikin kita lama-lama duduk dan rebahan depan gadget. Harus rajin peregangan ya, biar relaks dan juga istirahat sejenak dari gawai di depan mata. 

3 | Rutin Cek Kesehatan 

Idealnya, baiknya setiap tahun kita itu melakukan medical check up yang lengkap supaya bisa maintain kesehatan dengan baik. Sebagai sobat ambyar, tahu sendiri kan ngga murah untuk cek lengkap kalau pakai biaya sendiri, huhu. Nah, beruntung yang dari tempat kerjanya ada fasilitas dari kantor, manfaatkan dengan baik ya jangan sampai kelupaan cek tiap tahun :). 

Deteksi Dini Kanker Payudara dapat dilakukan dengan SADARI dan SADANIS -  Direktorat P2PTM


Nah, buat sobat ambyar jangan kecil hati yaa, kita tetep bisa medical check up dengan memanfaatkan promo kok. Apalagi dalam satu tahun suka ada promo atau gebyar pemeriksaan deteksi kanker yang bisa di coba. Untuk perempuan ya, bisa banget cek pap smear, iva test dan lainnya supaya bisa tahu kondisi terkini tubuh gimana.  Untuk pap smear dan iva test hanya bisa untuk yang sudah menikah atau sudah melakukan aktifitas seksual aktif aja ya. Gak hanya itu, buat kita perempuan bisa juga melakukan deteksi kanker payudara dengan melakukan gerakan sadari sambil rebahan santai dirumah.  


4 | Punya Kondisi Finansial Sehat 

Poin ini mungkin jarang disinggung, tapi percaya deh punya finansial yang sehat itu paling penting. Gimana mau cek kesehatan, dan bisa makanan yang sehat kalau kondisi finansial yang gak kondusif. Sehat kan harus lahir batin ya kan, termasuk urusan finansial. 

Saya sendiri merasakan kalau saat ini rasanya harus faham banget sama literasi finansial. Mengingat kondisi finansial yang bisa berubah tiba-tiba karena pandemi. Sebagai yang pernah mengalami goncangan finansial jauh sebelum pandemi, untuk urusan finansial rasanya nggak bisa bergantung gitu aja dari gaji. Harus pinter-pinter memetakan pengeluaran, supaya tetap bisa survive di kondisi yang diluar kendali, seperti ditinggal orang tua, ada bencana alam, kecelakaan dan lainnya termasuk kalau kena penyakit kanker. 

Walaupun amit-amit, tapi ikhtiar harus banget kan ya. Bisa dari belajar soal mengatur finansial sampai punya saham, milih asuransi yang tepat, dan juga bisa side hustle yang lainnya.

5 | Memilih Proteksi Asuransi Yang Tepat 

Nyambung dengan poin sebelumnya, finansial yang sehat juga harus di ikuti dengan memilih asuransi kesehatan yang tepat. Termasuk memilih penyedia asuransi yang amanah, terpercaya, dan juga spesifik seperti dari FWD Insurance. Buat yang belum kenalan sama FWD Insurance , ini adalah salah satu perusahaan asuransi yang sudah diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang punya banyak paket asuransi yang menarik dan spesifik sesuai kebutuhan. 

Apa itu FWD Cancer Protection? 


FWD Cancer Protection adalah produk FWD berupa asuransi yang khusus  dan spesifik untuk proteksi penyakit kanker. Seperti yang kita tahu asuransi untuk kanker itu biasanya jarang yang spesifik, jadi si FWD ini punya banget untuk itu. Semua jenis kanker bisa di klaim sama FWD, jadi buat survivor cancer ini bisa jadi jalan untuk tetap semnagt berobat sambil bisa mejalani passion juga. 

Sebagai pembeda, FWD Cancer Protection ini juga merupakan asuransi kanker online pertama loh, di Indonesia. Ada beberapa fitur yang menarik dari FWD Cancer Protection ini : 
  • Perlindungannya bisa 100% manfaat uang pertanggungan hingga 500 juta rupiah sejak diagnosis awal 
  • Usia pertanggungan nasabah bisa sampai diperpanjang usia 70 tahun 
  • Harga premi terjangkau mulai dari 10.000 aja per bulan. (Lumayan uang buat jajan manis bisa dilaihkan kesini aja biar lebih bermafaat, hehe)  
  • Cara daftar yang mudahlewat online 
  • Fleksibel banget, karena akan tetap dibayarkan 100% dari FWD meskipun punya asuransi yang lain. 

Dengan mode asuransi online, cara daftar dan juga klaim juga mudah banget, ngga repot harus keluar rumah ditengah pandemi. Banyak cara menuju FWD Cancer Protection ini, mulai via website resminya, e-commerce, maupun lewat aplikasi FWD Max yang tersedia di smartphone baik andriod maupun ios. Jadi asuransi mudah beneran itu nyata adanya kan netizen? :D



Mumpung mudah beneran, FWD punya promo akhir tahun yang sayang banget kalau dilewatkan. Catet ya, bakal ada kejutan di akhir tahun dari FWD, dengan membeli FWD Cancer Protection periode 21-31 Desember 2020 di website resmi FWD www.ifwd.co.id. Hadiahnya juga kece mulai sepeda Brompton, iPhone 12, dan iWatch 6. Mau banget kan, beli asuransi tapi dapet hadiah juga, kuy yuk beli FWD Cancer Protection dari sekarang mumpung masih ada kesempatan. 

All right reserved.
Do not copy-paste without allowance 
Or any permission from authors.




Post a Comment

Terima kasih banyak sudah mampir dan comment ya :)
Jangan spam dan link hidup diantara kita ya, karena bakal aku hapus.