Friday, August 2, 2019

Mulai Untuk Mengawali Generasi Maju| Event Report Festival Bunda Generasi Maju SGM Bunda

Setelah merasakan sendiri menjadi seorang ibu, sekarang mah udah faham kalau dunia per-ibu-ibuan itu amat sangat kompleks. Mulai dari masa persiapan nya sampai menjadi seorang ibu nya pun, ternyata butuh persiapan yang matang loh manteman. Dari janin di dalam rahim sampai nanti anak usia 5 tahun harus dipersiapkan dari sekarang. Istilah keren nya adalah 100 hari pertama kehidupan, 100 hari pertama yang punya efek jangka panjang untuk kemajuan generasi berikutnya. Duh ngetik kaya barusan rasanya kaya ngerjain TA di kampus deh, haha.


Untuk mempersiapkan 1000 hari pertama kehidupan si buah hati, nggak ada salahnya untuk sering-sering browsing, baca buku bahkan datang ke seminar atau festival yang ada kaitannya dengan ibu hamil. Salah satunya ke Festival Bunda Generasi Maju dari SGM yang minggu lalu, tanggal 28 Juli 2019, di Taman Tegalega Kota Bandung. 

Festival Bunda Generasi Maju SGM ini sebelumnya sudah sukses diadakan juga loh di Surabaya, Jakarta, dan Yogyakarta. Jadi kota Bandung ini adalah kota keempat yang di datangi oleh SGM untuk roadshow berikutnya, yeaay.  Meskipun sudah jadi ibu, tapi rasanya tetep merasa perlu menimba ilmu aja ke acara-acara seperti ini, seenggaknya supaya bisa share juga ke inner circle terdekat yang sekarang sedang mempersiapkan 1000 hari pertama kehidupan untuk si buah hati. 

Acara Festival Bunda Generasi maju SGM ini mulai dari jam 8 pagi dan situasinya ramai banget, dan sudah banyak bumil yang kumpul.meskipun tempatnya di taman tegalega, tapi eventnya ini seru banget karena boothnya ternyata nyaman dan sejuk loh. Begitu datang ke lokasi, sudah banyak booth yang bisa dicoba dan dinikmati sama para ibu hamil loh :).

Ada 6 spot yang tersedia di lokasi dan bisa dicoba satu per satu. Mulai dari pemeriksaan kesehatan (usg, konsultasi dokter, dan cek tekanan darah), pijat dan totok wajah, arena jajan/snack, booth produk sgm bunda, beauty corner, sampai spot buat foto-foto juga ada. Mantep banget pokoknya, seru bisa dijajalin oleh para bumil. 










Pembukaan acara dimulai dengan sesi talkshow bersama dokter obgyn, DR. dr. H. Ridwan Abdullah Putra, SpOG (K.FM) CH.  Di talkshow ini, dr. Ridwan menjelaskan betapa pentingnya untuk menjaga kandungan dengan baik, baik dari segi mengatur aktifitas fisik sampai asupan gizi untuk menunjang kehidupan janin yang ada dalam rahim ibu. Ada beberapa poin yang bisa saya rangkum ya di sini :




1. Pengaturan aktifitas fisik ibu hamil. 
Ini penting banget untuk di manage, mengingat semakin besarnya kandungan badan ibu hamil pasti lebih berasa gampang capek. Intinya kata dr. Ridwan, aktifitas nya bisa seperti biasa hanya saja perlu di kondisikan saja sekuatnya ibu. dr. Ridwan pun menambahkan olahraga yang baikuntuk ibu hamil, seperti senam hamil dan juga yoga yang bisa membantu menguatkan otot-otot kandungan dan juga mengurangi rasa nyaman di beberapa bagian tubuh saat hamil. 

2. Periksa hamil secara rutin. 
Ini mah udah wajib banget hukumnya, deh. Pokoknya buat semua bumil diluar sana jangan lupa untuk memeriksakan kehamilannya setiap bulan ke tenaga kesehatan yaa, baik ke bidan maupun ke dokter kandungan.



3. Kelola stress psikis dan fisik. 
Ibu hamil itu rawan stress loh gaess, apalagi ada istilahnya bawaan orok kalau ibunya moody, hehe. Mood ibu ini sangat dipengaruhi banyak hal kok, salah satunya dari faktor perubahan hormonal saat kehamilan, dan juga pemicu yang berasal dari luar. Jadi saran dr. Ridwan, saat hamil suami dan anggota keluarga juga punya peran penting untuk tetap support secara emosional pada ibu hamil. Meskipun stress memang nggak bisa dihindari, usahakan tetep happy dengan di dukung lingkungan yang suportif dan menjalin komunikasi yang baik sama pasangan. Supaya nggak jadi penyakit akibat ada stress yang dipendam, karena stress psikis ini bisa mempengaruhi ke janin juga loh bu. Yuk berbahagia aja selama hamil mah. 

4. Penuhi Asupan Gizi Seimbang 
Tantangan terbesar ibu hamil itu mayoritas pasti di asupan gizinya, apalagi semakin membesar janin terkadang bikin perut rasanya nggak nyaman dan gampang kenyang. dr.Ridwan punya tips untuk membantu asupan gizi secara seimbang, yakni pengaturan jam makan dengan porsi kecil tapi sering. Jadi nggak apa bangetlah ya buat ibu hamil kalau makannya sedikit tapi sering :). 



Sesi ini pun ada tambahan juga dari PR SGM Bunda, yakni pentingnya untuk memperhatikan asupan mikronutrient pada ibu hami. Iya, mikronutrient ini punya banyak peranan penting untuk perkembangan janin loh. Seperti zat besi (Fe), asam folat, kalsium, vitamin D dan juga minyak ikan. 

Nah untuk memenuhi kebutuhan itu semua, terkadang dari makanan pun belum cukup. Untuk memenuhi nya sekarang SGM Bunda sudah tersedia susu khusus untuk ibu hamil dengan rasa yang enak dan gizinya cukup. SGM Bunda punya complinutri dengan tinggi zat Besi (Fe), asam folat, kalsium, vitamin D dan juga minyak ikan yang sanagt baik untuk menjaga kesehatan ibu dan optimalisasi perkembangan janin. Demi mencapai perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil yang optimal. 



SGM Bunda ini juga ada dua rasa, yakni chocolate dan strawberry. Berhubung saat acara saya di suguhi SGM Bunda, ternyata rasanya enak banget nggak bikin eneg. IMHO sepertinya yang lagi hamil pun bakal suka. 

Selesai talkshow, acara pun di lanjut beberapa acara lainnya. Yang kedua adalah sesi prenatal couple yoga. Meskipun cuma menyimak aja di sesi ini, saya jadi inget pas dulu hamil dan ikutan prenatal yoga barengan suami. Saya pernah nulis juga di blog kok soal prenatal yoga, bisa tinggal klik aja dibawah ini (sambil promo blog sendiri) hehe. 





Selanjutnya prenatal yoga ada 2 acara yang bisa dikuti, yakni cooking demo menggunakan SGM Bunda dan ditutup beauty demo dari Wardah Beauty.  Kedua acara ini seru banget dan informatif buat para bumil yang hadir. Apalagi yang cooking class karena produk hasil cooking classnya ternyata enak banget buat di cicip :D.





Overall saking serunya acara dan juga booth yang ada di dalamnya, nggak berasa kalau acaranya udah beres di siang hari. Selama acara berlangsung saya merasa excited banget, karena selain ketemu temen yang lain banyak ilmu yang bisa didapat. Terima kasih banyak untuk SGM Bunda yang sudah menghadirkan acara yang amat sangat berfaedah di Bandung.

mohon maap klo ginuk2, tapi aku lagi nggak isi kok, cuma masi busui aja :')

Buat teman-teman lain yang pengen datang juga ke Festival Bunda Generasi Maju nya SGM Bunda pantengin aja social media nya SGM Bunda yaa. Selain ada info event, di sosmed nya juga udah banyak banget tips, dan info seputar kehamilan dan kesehatan ibu dan janin. Yuk ramaikan dan ikutan untuk menghasilkan #LangkahAwalDukungGenerasiMaju di #FestivalBundaGenerasiMaju berikutnya. 
Social Media SGM Bunda 

Facebook : SGM Bunda 
Instagram : @sgmbunda

All right reserved.
Do not copy-paste without allowance,
Or any permission from authors.







Be First to Post Comment !
Post a Comment

Terima kasih banyak sudah mampir dan comment ya :)
Jangan spam dan jangan ada link hidup diantara kita ya, karena bakal aku hapus.