Deretan Instansi yang Mensyaratkan Skor Minimal TOEFL untuk CPNS

Thursday, December 19, 2019


TOEFL untuk CPNS


Pendaftaran CPNS memang selalu menarik perhatian dari berbagai pihak, terutama bagi para pencari kerja. Peluang untuk diterima dan persyaratan yang dibutuhkan juga tidak mudah untuk dipenuhi. Maka dari itu, bagi pelamar pastikan sudah memenuhi syarat-syarat dokumen yang dibutuhkan agar peluang lolos lebih besar mengingat persaingan yang terjadi sangat ketat. Setiap formasi dan instansi mempunyai persyaratannya masing-masing. Beberapa instansi mengharuskan pelamarnya agar menyertakan kemampuan bahasa Inggris berupa sertifikat TOEFL. Lalu, instansi mana saja dan berapa syarat minimal skornya? Yuk, simak ulasan deretan instansi wajib penuhi skor minimal TOEFL untuk CPNS berikut ini! 
Daftar Instansi dan Persyaratan Skor Minimal TOEFL untuk CPNS
1. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral


Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral membuka sebanyak 50 formasi di Kementerian ESDM yang wajib melampirkan sertifikat TOEFL ITP/ Paper Based TOEFL/ TOEFL Prediction/ TOEFL Like yang masih berlaku dengan syarat skor minimal TOEFL untuk CPNS ialah 450, Computer Based TOEFL minimal 133 dan Internet Based TOEFL minimal 45. TOEFL ini berlaku untuk pelamar CPNS selain jabatan Pengamat Gunung Api, formasi disabilitas, serta formasi putra/ putri Papua dan Papua Barat. Namun, khusus penyandang disabilitas yang mendaftar dalam formasi umum Analis Anggaran Ahli Pertama tetap harus melampirkan sertifikat TOEFL.
2. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Untuk pelamar CPNS di Kementerian PUPR harus melampirkan sertifikat berbahasa Inggris yang baru dikeluarkan selambat-lambatnya 1 tahun terhitung dari tanggal pelaksanaan tes sampai waktu pendaftaran CPNS. Sertifikat kemampuan berbahasa Inggris keluaran dari ETS atau Educational Testing Service wajib memenuhi syarat skor minimal TOEFL untuk CPNS yaitu, skor minimal 450 untuk TOEFL ITP dan skor minimal 53 untuk TOEFL IBT. 
3. Kementerian Komunikasi dan Informatika
Untuk CPNS yang melamar jabatan dengan kualifikasi pendidikan Pascasarjana (S2) dan Sarjana (S1) dalam formasi umum, lulusan terbaik, dan penyandang disabilitas harus melampirkan sertifikat TOEFL dengan syarat wajib skor minimal TOEFL untuk CPNS jenis TOEFL Prediction dengan minimal skor 475.
4. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Kementerian PPPA tahun ini membuka total sebanyak 25 formasi. Bagi pelamar CPNS seluruh jabatan di Kementerian PPPA harus melampirkan sertifikat dengan syarat wajib skor minimal TOEFL untuk CPNS jenis ITP/ Paper Based Toefl 400, Computer Based Toefl minimal 133, Internet Based Toefl minimal 45 atau TOEFL Prediction Test 450 yang didapatkan sejak bulan Agustus 2018 dan setelahnya, kecuali pelamar penyandang disabilitas dan putra/ putri Papua dan Papua Barat. Khusus bagi pelamar formasi jabatan Ahli Pertama Penerjemah wajib punya sertifikat TOEFL ITP dengan skor minimal 550.
5. Kementerian Perindustrian
Untuk CPNS pelamar formasi cumlaude, umum, disabilitas dan putra/ putri Papua dan Papua Barat di Kementerian Perindustrian harus melampirkan sertifikat dengan ketentuan syarat skor minimal TOEFL CPNS di instansi ini adalah senilai 475, khusus pelamar formasi guru. Dan dosen serta TOEFL minimal 500 bagi pelamar formasi di unit kerja Direktorat Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional. Ketentuannya, nilai TOEFL ini wajib masih berlaku sampai 31 Desember 2019, dibuktikan saat proses validasi dokumen administrasi.
6. Kementerian Luar Negeri
Tahun ini, di Kementerian Luar Negeri membuka 132 formasi CPNS. Syarat skor Kemenlu lebih tinggi dari kementerian lainnya, yakni sebesar 550 khusus pelamar diplomat. Sedangkan, untuk formasi lainnya dapat dicek di laman resmi Kemenlu sesuai jabatan yang ingin dilamar.
7. Badan Kepegawaian Negara
Bagi pelamar di area BKN harus melampirkan TOEFL/ TOEFL Preparation/ TOEFL Prediction dalam dua tahun terakhir sejak tes dengan skor minimal 450, Computer Based TOEFL minimal 133 dan Internet Based TOEFL minimal 45. 
8. Badan Koordinasi Penanaman Modal
Bagi pelamar CPNS di area Badan Koordinasi Penanaman Modal harus melampirkan TOEFL dengan skor minimal 450 yang masih berlaku.
9. Kejaksaan RI

Beberapa jabatan di Kejaksaan RI pun memberi syarat pelamarnya untuk melampirkan sertifikat TOEFL atau nilai prediksi IELTS. Nilai skor berbahasa Inggris ini tergantung jabatan dan formasi masing-masing di laman resmi.
10. Arsip Nasional Republik Indonesia
Jumlah formasi Arsip Nasional Republik Indonesia yang diperlukan sebanyak 71 formasi dengan syarat wajib minimal skor 450 jenis TOEFL Prediction.
Sekian sejumlah penjelasan tentang deretan instansi wajib penuhi skor minimal TOEFL untuk CPNS.Bagaimana? Mau belajar lebih banyak soal tes TOEFL atau tips-tips tes TOEFL lainnya? Pantau terus informasi terkini dari CekAja.com ya. 



All right reserved.
Do not copy-paste without allowance 
Or any permission from authors.


You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih banyak sudah mampir dan comment ya :)
Jangan spam dan link hidup diantara kita ya, karena bakal aku hapus.

Twitter : @destywids

Fb Fanpage

Instagram : @ destywids


Instagram : @ destywids