Mengenal Pendidikan Vokasi SMK dan Keunggulannya

Monday, December 30, 2019



vokasi smk

Pendidikan vokasi atau disebut sebagai pendidikan kejuruan saat ini semakin populer. Bahkan, sudah banyak perusahaan yang lebih menyukai para lulusan pendidikan kejuruan yang telah menguasai keahlian praktikal, sebab diyakini lebih siap kerja. Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK merupakan salah satu pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan ini pada jenjang menengah. Lalu, apa pengertian, macam dan keunggulan pendidikan vokasi SMK
Apa itu Pendidikan Vokasi SMK? 

Pendidikan vokasi SMK merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan siswa pada keahlian praktikal yang diperlukan untuk langsung terjun ke dunia kerja. Setiap satu programnya membahas topik lebih spesifik. Contohnya, Seni Kuliner Prancis: Patisserie, Multimedia: Character Design, dan lainnya yang memang memerlukan keahlian praktikal. Karakteristik pendidikan ini menerapkan kegiatan praktik 70% dan teori 30%. Oleh karenanya, lulusan pendidikan vokasi lebih mempunyai keterampilan kerja cukup untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan industri. 
Apa Saja Macam Pendidikan Vokasi SMK? 

Di SMK terdapat banyak sekali Program Keahlian, dengan berbagai jurusan yang dapat dipilih sesuai minat dan kemampuan siswa sendiri. Dengan banyaknya jurusan tersebut, tak mungkin jika dijelaskan satu per satu. Namun, ada beberapa jurusan berprospek kerja bagus di masa depan yang dijelaskan berikut ini. 
1. Jurusan Animasi dan Multimedia
Zaman digital sekarang tentu membutuhkan kemampuan dan skill informatika yang bagus. Dengan memilih jurusan ini setelah lulus, bisa berprofesi sebagai ahli desain grafis, animator atau layouter.
2. Farmasi
Lulusan SMK Farmasi akan menjadi profesi yang potensial di dunia medis. Basic ilmu Farmasi dapat semakin dikembangkan saat melanjutkan kuliah. Jika langsung ke lapangan pun, lulusan SMK Farmasi dapat diandalkan.
3. Akuntansi
Akuntansi mempunyai grade tertinggi sebab siswa wajib berkemampuan bagus dalam hitung menghitung. Prospek karirnya pun cerah yakni menjadi staff accounting perusahaan, perbankan dan sebagainya.
4. Pelayaran
Seorang taruna SMK Pelayaran yang mampu bergabung dalam divisi pelayaran berprospek bagus karena bisa menjadi staf kapal pesiar yang menjelajahi seluruh pelosok negeri dan dunia. 
5. Pariwisata
Mengingat bahwa Indonesia yang mempunyai potensi wisata besar. Bahkan, pendapatan negara pun ditunjang oleh sektor pariwisata. Jadi, tidak heran kalau lulusan SMK Pariwisata akan sukses bekerja di sektor yang terus meningkat ini.
Keunggulan Pendidikan Vokasi SMK

1. Lebih Siap Kerja
Para siswa SMK dibekali dengan keahlian tertentu sesuai jurusan yang dipilih. Seperti, jurusan teknik gambar bangunan setelah lulus bisa langsung bekerja sebagai drafter. 
2. Peluang Disalurkan Bekerja di Perusahaan yang Bekerjasama dengan Sekolah 
Peluang kerja lulusan SMK sangatlah luas. Karena para alumninya sudah punya modal keahlian khusus dan pernah mengikuti praktek kerja lapangan. Sejumlah sekolah SMK favorit bahkan sudah menjalin hubungan kerja sama dengan beberapa perusahaan untuk merekrut siswanya seperti contoh, SMK Telkom. 
3. Kerja Praktek Industri di Akhir Masa Sekolah 
Bagi siswa SMK, momen ini terjadi di kelas 3. Para siswa kelas 3 akan melakukan praktek kerja lapangan di perusahaan yang ada. PKL ini menjadi langkah awal untuk mempersiapkan diri masuk ke dunia kerja usai tamat sekolah nanti. Kegiatan PKL hampir mirip dengan bekerja biasa, yang berbeda hanya pada status yang masih magang. Selain bekerja, setiap siswa diwajibkan untuk melakukan penelitian pada perusahaan, mengenai sejarah, visi, misi, kelebihan dan kekurangan perusahaan dan lainnya. Kemudian, hasilnya disalin menjadi bentuk tulisan seperti skripsi. 
4. Peluang Buka Usaha Mandiri 
Pendidikan vokasi SMK juga memiliki kesempatan untuk membuka usaha mandiri yang besar. Tersedia sejumlah bisnis yang masih bisa dilakukan oleh lulusan SMK. Lulusan SMK akan merasa lebih mudah jika ingin menjalankan sebuah bisnis. Karena keahlian yang sudah dimiliki. Pilih bisnis yang cocok yakni sesuai dengan jurusan waktu sekolah dulu. 
5. Lebih Mudah dan Terarah Ketika Ingin Berkuliah
Baik lulusan SMA maupun SMK memiliki kesempatan yang sama untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Namun, kelebihan yang dirasakan bagi lulusan SMK ialah lebih mudah dan terarah ketika berkuliah. Hal ini karena lulusan SMK sudah punya ilmu dasar dan sudah mantap dengan jurusan yang dipilih waktu SMK, jadi tidak bingung lagi untuk menentukan jurusan waktu kuliah sebab sudah terarah. Selanjutnya, di bangku perkuliahan hanya perlu memperdalam lagi ilmu yang sudah diperoleh sewaktu SMK. 
Itulah, ulasan tentang mengenal pendidikan vokasi SMKdan keunggulannya. Ingin tau lebih banyak soal pendidikan SMK atau berbagai macam pendidikan vokasi Indonesia lainnya? Cek terus informasi terkini dari CekAja.com ya. 


All right reserved.
Do not copy-paste without allowance 
Or any permission from authors.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih banyak sudah mampir dan comment ya :)
Jangan spam dan link hidup diantara kita ya, karena bakal aku hapus.

Twitter : @destywids

Fb Fanpage

Instagram : @ destywids


Instagram : @ destywids