Review Scarlett Whitening Brightening Series

Wednesday, April 13, 2022

Seiring bertambahnya umur, *ehem*, masalah kulit wajah yang kusam beserta sisa bekas jerawat PIH ( Post Inflamantory Hyperpigmentation) yang noda kehitaman itu rasanya ngga bisa sengebut dulu pas umur kepala 2. Beban hidup semakin bertambah karena pandemi jadi kena maskne, berat banget beban hidup ini ngilangin bekas jerawat baru, hiks. 

Meskipun pe-er yang akan panjang banget buat menghilangkan si PIH ini, tapi aku berusaha jangan menyerah bund. Kalau menyerah nanti stress dan akhirnya jerawatan lagi, huhu. Salah satu upaya biar ngga stress ya tetep rajin pakai skincare, terutama yang fokusnya buat memudarkan dan mencerahkan kulit setelah hilang jerawatnya. 

Karena saat maskne tahun lalu aku cocok banget sama serum Scarlett yang Acne Serum, jadi aku bisa menjajal  ke rangkaian yang lainnya yakni Brightly Series. Meskipun yang acne series nya aku simpan dan dipakai saat jerawatan pms aja, hehe. Yang belum baca boleh banget loh mampir ke postingan ini ya buat baca :) : 



Brightly Series Scarlett ini ada beberapa produk yang lumayan lengkap kalau di website nya. Untuk di postingan ini aku akan bahas toner, dan 2 serum nya aja dulu ya. Ada Scarlett Brightly Essence Toner, Scarlett Glowtening Serum, dan Scarlett Brightly Serum. Ketiga produknya ini memang di khususkan di kondisi kulit pasca jerawatan, biar fokus memudarkan bekas jerawat dan mencerahkan wajah. Scarlett Face Series ini semua produknya no mercury, no hydroquinon, non animal testing, dan juga terdaftar di BPOM. Aman untuk ibu hamil dan menyusui juga bisa, tapi jangan lupa konsul ke dokter kandungan dulu ya bunda. 




1| Scarlett Brightly Essence Toner 





Toner itu menurut aku selain menyergarkan kulit, juga penting buat menyiapkan kulit wajah sebelum pakai serum. Sebagai penganut layerring skincar dari cleansing- toning- moiturizing - protection ( CTMP),  aku pribadi merasa kulit bisa lebih oke kalau udah pakai toner dulu sebelum pakai serum, hehe. Soalnya kalau kulitnya di prep atau disiapkan dengan oke, si serumnya bisa bekerja maksimal. Jadi ngga ada hari skip toner deh buatku. 

Toner dari Scarlett ini kategori hybrid skincare yakni Essence Toner, perpaduan essence dan toner, jadi bisa membantu menyiapkan kulit dengan lebih praktis di satu step aja. Yang suka skipcare / mengurangi tahapan skincare, produk dari Scarlett ini bisa jadi pilihan. Apalagi buat pagi-pagi yang mana keluar rumah masih perlu maskeran dan juga buat yang anti ribet kaya aku. 

Dengan konsep essence toner, Scarlett Brightly Essence Toner ini dikemas dalam box dan botol plastik  dilengkapi pump + tutup. Isi produknya pun 100 ml, yang pas aja gak kekecilan atau kebesaran. Selama pemakaian, pump nya aman dan lancar ngeluarin produknya, dan nggak berlebihan saat tonernya di push.

Ingredient utama dalam toner ini menarik banget menurutku, karena nggak cuma agent brightening aja tapi ada komponen lain yang membantu menenangkan dan merawat kulit. Berikut rincian beserta fungsi yang ada di Scarlett Essence Toner. 
  • Vitamin C meningkatkan produksi kolagen. 
  • Glutathione mencerahkan kulit.
  • Witch Hazel Extract membantu meredakan peradangan dan mengencangkan pori-pori.
  • Jeju Propolis Extract meregenerasi kulit untuk membantu membuat tekstur kulit jadi terasa lebih halus dan wajah jadi terasa lebih kenyal.
  • Allantoin melembabkan, menenangkan iritasi pada kulit. Niacinamide membantu meminimalkan pori-pori yang membesar. 
  • Grape Water melembabkan, menenangkan dan menyegarkan kulit.

Tekstur dari Scarlett Brightly Essence Toner ini cair dan bisa dilihat dari kemasannya, kalau toner ini ada butiran-butiran burst seperti boba yang akan larut saat di pump. Lucu aja sih sebenernya, bikin produknya unik. Toner ini bisa dibilang mendekati unscented, karena wanginya samar-samar banget. Relatif aman buat semua jenis kulit. Selain itu toner ini juga teksturnya cair, ringan, dan cepet meresap jadi ngga ada rasa tacky berlebihan dikulit. 



Untuk penggunaan essence toner dari Scarlett ini sama dengan pakai toner umumnya ya, bisa dengan kapas atau pakai tangan langsung, karena teksturnya cair dan mudah meresap. Aku pribadi lebih suka pakai di tangan aja karena bisa di pat pat pat dimuka dengan lembut dan produknya bisa meresap ke kulit dengan sempurna. 

Pengalaman aku selama 3 minggu lebih pakai si Scarlett Brightly Essence Serum cocok-cocok aja ya. Kulitku cukup terhidrasi dan nggak bikin breakout selama pemakaian. Saat dilanjutkan dengan rangkaian serum setelahnya juga aman, nggak ada produknya yang pilling. Untuk hidrasinya sendiri, menurutku pas nggak yang becek banget dimuka, jadi saat dipakai pagi hari muka aku nggak gerah dan cukup terhidrasi. 




2| Scarlett Brightening Serum

Scarlett Brightening Serum ini bisa dibilang wishlist produk yang paling aku tunggu banget karena sebelumnya udah cocok banget sama saudranya, Scarlett Acne Serum. Iya aku jadikan wishlist, karena udah jatuh cinta banget sama acne serum yang ampuh buat mengurangi blackheads dan juga jerawat aku yang tipenya kecil-kecil dan beruntusan. Mumpung udah mendingan dan bisa fokus ke ngilangin bekas jerawat, jadinya aku bisa leluasa deh pakai si brightening ini, hehe. 




Kandungan utama yang ada di Scarlett Brightening Serum ini ada Niacinamide, Vitamin C, Phyto Whitening, Gluthathione, dan Lavender Water yang mana cocok buat kulit normal - kering, dan  kombinasi. Oia, ukuran serum dari Scarlett Brigtening Serum ini 15 ml ya. Manfaat dari bahan-bahan tersebut : 

  • Meningkatkan sirkulasi darah dan menghaluskan kulit wajah. 
  • Membantu melembapkan kulit wajah.
  • Membantu menyamarkan noda bekas jerawat serta membantu kulit wajah jadi tampak lebih cerah.
  • Meningkatkan elastisitas kulit wajah.
  • Mencegah dan melindungi kerusakan jaringan kulit akibat paparan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit. 





Scarlett Brightening Serum ini punya tekstur yang cukup thick dan sedikit lebih rich kalau dibanding dengan si Acne Serum nya. Tapi kalau dibanding dengan glowtening serum ini, ada di tengah-tengahnya. Jadi cukup mudah menyerap dan diaplikasikan ke kulit, apalagi kalau sebelumnya pakai Scarlett Brightly Essence Toner makin mudah aja penyerapannya. Finishnya cenderung satin, karena nggak glowing dan nggak matte seperti si acne serum. Selain itu wanginya juga cenderung unscented, berbeda dengan acne serum yang masih ada aromanya. Walaupun ini vitamin C, tapi dikulit aku ngga ada sensasi yang aneh-aneh. 

Serum Scarlett Brightening Serum ini bisa dipakai 2x sehari, pagi dan malam hari. Aku sendiri lebih suka pakai serum ini di pagi hari karena teksturnya yang mudah menyerap, sekalius serum ini bisa mengoptimalkan kerja sunscreen, karena ada kandungan vitamin C nya sebagai antioksidan. Selain membantu mencerahkan juga bisa membantu menyehatkan kulit. 

Sama seperti essence toner nya, aku pakai produk ini di slot morning routine aku setelah tahapan toner. Sejauh ini nggak ada tanda tidak cocok selama 3 minggu pemakaian, seperti muncul jerawat, beruntusan atau allergi itu nggak ada sama sekali. Iseng dicampur dengan skincare lain pun, ini aman banget nggak bikin pilling. Jadi kesimpulan aku, kandungannya cukup versatile dan mudah digabung dengan berbagi macam skincare. 



3| Scarlett Glowtening Serum




Selain punya 2 serum, Acne dan Brightening, Scarlett juga punya varian baru yakni Scarlett Glowtening Serum. First impression aku sama serum ini menarik sih, karena dia ada kandungan tranexamide acid yang mana bisa membantu buat menghilangkan noda jerawat dan bisa membuat kulit lebih plump dan glowing. Mungkin buat teman-teman yang punya pe-er bekas jerawat membandel tapi punya masalah acne prone skin, kulit berminyak, sensitif, bisa coba Scarlett serum glowtening. 

Serum yang satu ini fungsinya lebih ke calming, anti aging dan brightening karena punya kandungan yang bagus banget. Ada tranexamide acid, calendula oil, olive oil, allantoin, dan licorice extract, bahan aktif yang terbukti buat membantu kulit lebih sehat dan memudarkan bekas jerawat. Berikut manfaat dari serum glowtening nya Scarlett :
  • Membantu mencerahkan kulit wajah.
  • Membantu membuat kulit menjadi lebih glowing. 
  • Membantu memudarkan bekas - bekas jerawat. 
  • Membantu membuat kulit menjadi lebih sehat. 
  • Menyamarkan garis-garis halus dan flek hitam pada wajah. 
  • Menenangkan dan memperbaiki skin barrier. 
Selain kandungan aktif diatas yang punya banyak manfaat, ada juga kandungan oil di dalam Scarlett Glowtening  Serum seperti geranium oil dan olive oil. Jadinya jangan kaget kalau serum glowtening ini wanginya herbal banget, ngga seperti saudaranya yang cenderung unscented atau less fragranced. 

Teksturnya sendiri si glowtening serum ini paling beda, seperti emulsion di skincare luar. Warnanya yang putih susu, dan teksturnya seperti lotion yang bikin mirip emulsion ketimbang serum. Meskipun punya tekstur emulsion, tapi ini cepet banget nyerepnya dikulit, dan nggak bikin muka lengket.




Ukuran botolnya juga sama dengan serum Scarlett lainnya yakni 15 ml. Lumayan awet dibanding 2 saudaranya, karena ini teksturnya agak rich jadi pakai sedikit juga cukup buat 1 muka. Dengan tekstur yang seperti ini, semoga kedepannya si glowtening serum ini bisa pakai pump biar produknya bisa lebih mudah diambil ketimbang di pipet. Serum ini bisa dipakai pagi dan malam hari ya. 




Oke, setelah 2 minggu penggunaan aku pribadi suka banget sama Scarlett Glowtening Serum ini. Dipakai di malam hari terutama, karena bikin muka di pagi harinya jadi plumpy dan kenyal banget. Untuk ngilangin bekas jerawatnya, aku akui ini berasa mulai memudarnya meskipun nggak hilang 100%, tapi berasa ada perubahan kentara dikulitku. Klaimnya yang membantu memperbaiki skin barier juga aku rasa iya bantu banget. Kulitku yang gampang gatel-gatel sensitized bisa cukup kalem dengan serum ini. Aku coba beberapa kali di pagi hari juga oke-oke aja serumnya, dan nggak bikin sunscreen pilling. 

Final thoughts, di kulitku produk dari Scarlett ini sangat bekerja sangat baik dan nggak ada efek negatif yang berarti cocok banget dikulitku. Yang jadi favoritku di rangkaian ini pastinya Glowtening Serum nya yang mana cukup membantu banget mengurangi bekas jerawat dan menjaga skin barier, apalagi sebagai nakes yang full seharian pakai masker skin barier nya rawan keganggu karena maskne. Tapi dua produknya juga bagus, jadinya kalau dipakai rutin hasilnya bisa maksimal banget dikulitku. 

Buat dapetin produknya udah paling bener di tempat official Scarlett aja ya di e-commerce official account nya Scarlett. Harganya juga terjangkau banget, masing -masing di IDR 75.000 an aja, jadi affordable buat banyak kalangan. 


Scarlett 
Official Instagram : @scarlett_whitening 
Official Shopee : @scarlett_whitening
 



All right reserved.
Do not copy-paste without allowance 
Or any permission from authors. 



Post a Comment

Terima kasih banyak sudah mampir dan comment ya :)
Jangan spam dan link hidup diantara kita ya, karena bakal aku hapus.