Review : Rangkaian Simple Sensitive Skin Expert Kind To Skin Skincare

Friday, May 01, 2020

Harus jujur banget, kalau pilihan produk skincare untuk kulit yang sensitif dan juga sensitize itu jarang banget ada di Indonesia. Terutama produk yang over the counter, baik lokal maupun drugstore. Saya bisa bilang gini setelah saya kemarin-kemarain mengalami transisi kondisi kulit yang cukup kentara. Dari yang biasanya normal to (sometimes can too much) oily skin, jadi combination skin karena ada bagian wajah yang bisa kering banget dan mendadak gatal atau kemerahan. Sebelumnya kondisi mudah gatal dan juga kemerahan itu bukan problem yang saya hadapi.



Bisa dibilang saya cukup beruntung, sebelum akhirnya wajah tetiba sensitif, saya dapat giveaway dari FD Tried and Tested, serangkaian skincare dari Simple Sensitive Skin Expert Skincare. Nggak tanggung-tanggung, saya dapat produknya full size semua :'). Buat yang belum tahu dan kenal, Simple Skincare ini adalah rangkaian basic skincare yang diperuntukkan untuk kulit sensitif asal Unilever UK. Sebelum masuk sini, si Simple Skincare ini sudah jauh lebih terkenal. Di packagingnya sendiri dapat peringkat pertama dari kantor multinasional lama saya dong, haha. Saya nggak bakal sebut nama disini, silahkan beli ya produknya, hihi.  Malah di Malaysia, produk Simple Skincare ini sudah masuk sejak beberapa tahun yang lalu. Walaupun terbilang baru  di Indonesia, tapi tetep harus di syukuri bahwa akhirnya dia ada meskipun cinta datangnya terlambat *ups :). 

Kembali ke permasalahan kulit saya yang sensitif, produk Simple ini awalnya bikin saya cukup ragu. Saya salah menilai, karena pas saya coba selama 1 minggu pertama nggak berasa efek calming dan lainnya di kondisi kulit yang lagi baik-baik aja. Nah, pas lagi gatel-gatel dan lihat produk ini ada di meja, saya pun akhirnya beneran tried and tested produk di kulit yang beneran sensitif dan lagi butuh pasukan untuk menenangkan. Dan ternyata, tiga dari empat produk ini, bener-bener ada efek di wajah. Kenapa 3 dari empat? Baca terus ya reviewnya sampai selesai, rite? hehe.

simple-kind-to-skin-skincare


Oia, produk yang saya dapatkan itu ada empat yaitu : facial wash, micellar water, hydrating toner, dan juga cleansing facial wipes. Keempat produknya ini punya klaim no artifiacial perfume and colorants, no harsh chemical, no alcohol, no animal derivats, no parabens. Sebenernya produk Simple ini masih banyak variannya, dan semuanya ramah dan khusus  untuk kulit sensitif. 

1. Simple Sensitive Skin Expert Kind to Skin Refreshing Facial Wash 




Saat pertama kali terima paketnya, saya gagal fokus sama si facial washnya. Bagaimana tidak, facial washnya hijau gede banget super bulky, kalau hijau tua persis hulk lho, haha. Mungkin lebay kali ya, tapi saya harus jujur saya nggak pernah punya facial wash yang lebih ginuk dari ini. Bahkan facial wash favorite saya si wardah aloe vera facial wash nggak sebulky ini. Packaging besar model begini memang jawara untuk penggunaan di rumah aja, kalau untuk travelling rasanya auto pindah jar biar lebih ringkes dan sesuai kebutuhan. 




Ingredients yang paling di hilite facial wash ini adalah 100% soap free gel, with vitamin E and pro vit B5. Setahuku vitamin B5 ini biasanya ada di produk yang hydrating, karena fungsinya bisa menjaga kelembapan kulit. Buat ingredients sisanya monggo tinggal di zoom aja ya fotonya. 

Meskipun kemasannya hijau muda, facial wash ini isinya tetep bening. Teksturnya gel ringan, dan saat di gosok busanya pun halus dan nggak banyak. Lebih cuma bubble aja, diabnding wardah aloe yang simple ini beneran lebih sedikit busa. Meskipun begitu daya bersihnya bagus untuk digunakan sebagai second cleanser maupun morning cleanser. Setelah pakai ini kulit juga terasa licin yang melembapkan (susah jelasinnya, lol), dan nggak ada rasa ketarik sama sekali. Se-gentle itu si facial washnya, jadi kalau ada bagian yang kemerahan atau gatal nggak langsung bantu menghilangkan sih, harus ditambah sampai toner. 

Selama kurang lebih hampir sebulan pakai ini, alhamdulilah saya cocok dan nggak ada efek negatif sama sekali. Yang saya rasakan setelah pakai ini (dan juga current skincare yang saya pakai) kulit saya jarang rewel dan nggak mudah gatal-gatal lagi. Mungkin kalau ada yang kulitnya jauh lebih sensitif rasanya benefit facial wash ini bakal kerasa lebih kentara memang. 

2. Simple Sensitive Expert Kind To Skin Soothing Facial Toner


Toner keluaran Simple ini saya interpretasikan sendiri + habis baca review orang-orang juga, sebagai hydrating toner. Saya suka bingung kadang mana hydrating toner dan juga clensing toner kalau bentukkannya cair yang encer. Sebagai pengguna hydrating toner dari brand asia, pasti faham lah kalau hydrating toner itu biasanya cenderung thick texture



Setelah beberapa kali pemakaian saya jadi mengerti sih kenapa toner dari brand western itu tipenya cair banget. Selain lebih mudah diserap di kulit, tekstur encer ini mungkin bisa diterima banyak jenis kulit. Apalagi seperti yang kita tahu, kulit sensitif itu nggak hanya dimiliki kulit kering (mostly), tapi kulit oily, kombinasi, sampai acne prone pun bisa banget punya problem sensitif. Dan iya, di produknya simple ini juga sering diperjalas dengan pernyataan for all skintype. 



Toner ini saya pakai langsung setelah tahapan clenaser. Saat kondisi sedang sensitif, saya selalu skip banyak tahapan skincare, seperti exfo toner, essence, dan juga serum. Jadi bener-bener melakukan tahapan basic skincare sedikit mungkin, CTMP : Cleansing, Toner, Moisturizer, dan juga Protecting dengan sunscreen. Toner ini juga kandungannya yang memang bikin kulit adem, ada pro vitamin B5, witch hazel, dan juga allantolin. 



Untuk pemakaiannya saya lebih suka di tuang ke tangan yang bersih supaya bisa di tap ke muka. Biasanya saya layer sampai 3x supaya dapat kelembapan yang cukup di kulit, karena stop pakai essence dan juga serum. Meskipun nggak langsung ngerasa glowing, tapi toner ini lama kelamaan akan menyerap dan agak sedikit lengket. Toner ini juga sesuai namanya sih soothing dan calming di kulit meskipun nggak yang kasih efek dingin secara instant. Kelihatan saat kulit kemerahan dan gatal, bakal berkurang kemerahannya secara bertahap. Imho, sepertinya si toner ini bakal maksimal kerjanya kalau di lanjut dengan moisturizer dari Simple. Berhubung aku belum punya dan menghabiskan moisturizer yang ada, jadinya nggak tahu efek maksimalnya segimana. But its okay, toner ini juga bagus dan bisa bekerja dengan baik meskipun pakai moisturizer dari brand lain, ;). 

3. Simple Sensitive Skin Expert Kind To Skin Cleansing Facial Wipes





Buat yang suka travelling atau ada pekerjaan dinas keluar kota, rasanya bakal suka dan jadi kebutuhan yang cukup essential. Terutama kalau buat kondisi darurat dan susah buat hapus makeup dengan proper dan butuh yang kilat. Biasanya saya lihat orang hapus makeup cepet itu di acara runaway model gitu, karena biar gampang ganti look biar senada sama busananya. Selain itu buat yang ingin hapus maskara waterproof sebelum shalat, cleansing wipes dari Simple ini bisa jadi alternatif banget untuk dicoba.

Cleansing Facial Wipes dari Simple ini setahu aku pas ke guardian, ada 2 ukuran. Yang kecil isi 7 lembar dan yang besar yang aku lupa isinya berapa, lol. Packagingnya ini menarik sih, ada tulisan aqualock yang bisa tahan cairan di dalam facial wipesnya ini nggak bocor keluar. Mungkin selama belum dibuka dan nggak ketimpa produk yang lebih berat. Soalnya pas paket dari FD ini datang saya pegang si facial wipes ini agak rembes sedikit, huhu. 



Ada hal unik sih dari facial wipes ini, bagian tissue nya ada 2 tekstur yang berbeda. Bagian kasar dengan tekstur bulat-bulat kecil dan juga yang halus. Kalau boleh jujur, mirip banget padsnya cosrx, tapi ini versi tissue nya. Nggak ada penjelasan lebih lajut di kemasannya, tapi saya jadinya pakai ini 2 tahap, mulai dari bagian kasar/ bertekstur lalu pindah ke bagian halus. 



Soal kemampuannya untuk membersihkan wajah, saya uji coba di kondisi muka yang cukup full makeup. Yaah, default gaya kondangan saya, haha. Pokoknya kumplit banget dan juga saya pakai mascara dan eyeliner waterproof buat buktikan bisa bersih keangkat sesuai klaimnya. Imho, facial wipes ini bisa jadi first cleanser darurat jikalau nggak bisa bawa clensing oil, atau clensing balm. Saya pribadi nyaranin buat lanjut ke facial wash, kalau mau bener-bener bersihin muka terutama hapus bagian complexion.  

4. Simple Sensitive Skin Expert Kind To Skin Micellar Cleansing Water




Jujur saya pernah bilang di post sebelumnya, kalau saya cukup picky dan hati-hati banget sama micellar water. Ketika produk ini datang, micellar water dari simple ini adalah produk yang paling terakhir saya coba setelah yang lainnya. Nggak langsung pakai dimuka, saya melakukan patch test di belakang telinga buat make sure kalau ini nggak akan ada efek negatif selama 2x. Setakut itu memang saya sama micellar water, huhu.  Setelah aman di patch test, saya pun memberanikan diri untuk mencoba sebagai 1st cleanser. 

Mohon di garis bawahi, saya tidak terlalu suka pakai micellar water saat full makeup. Saya males aja kalau merasa belum bersih ujung-ujungnya akan pakai oil cleanser+ facial wash.  Jadi saya pakai ini untuk menghapus sunscreen dan juga makeup sehari-hari yang ringan (loose powder dan lip product).  



Tekstur simple micellar cleansing water ini seperti micellar water kebanyakan memang seperti air putih. Hanya warna dari brand simple ini nggak clear banget, agak keruh sedikit. No problem, soalnya kalau terlalu mirip air minum saya jadi takut kalau lagi siwer bisa-bisa minum juga micellar water, hehe. Wanginya seperti coconut water, mengingatkan saya dengan micellar water nivea yang formula lama. Meski agak wangi, tapi tenang ini nggak menyengat, di tap di kapas juga hilang. 

Surprisingly, ternyata micellar water ini bagus banget buat angkat kotoran di muka. Semua kotoran di wajah terangkat dengan baik di kapas. Pernah beberapa kali saya coba digunakan setelah cuci muka pun, residu dari clenaser nya tetep kebawa dong di kapas. Daya bersihnya juara memang, meskipun saya nggak pakai ini buat pakai full makeup, tapi buat daily ini memang bagus. Efek setelah dipakai pun nggak ada sensasi menyegarkan, persis kaya air disiram kemuka aja karena memang no alcohol. 

Selama 2-3 minggu pakai, kulit saya aman-aman aja pakai ini. Sesekali saya pakai ini sebagai bagian skipcare di night time skincare saat #workfromhome #dirumahaja yang nggak pakai makeup. Wajah saya masih baik-baik aja, no beruntusan karena nggak dibilas lagi dan juga nggak bikin kering. 



Produk dari simple ini bisa didapat di drugstore dan juga e-commerce ya. Harganya pun cukup affordable, karena per produk dibawah 100k. Sesuai aja kok, karena isi produknya juga cukup banyak jadinya awet dan nggak gampang habis.

Overall, saya cukup puas dengan rangkaian yang saya cicip dari brand Simple. Puas, karena klaim dari produknya beneran ngaruh di kondisi kulit saya yang sensitize. Dari empat produk yang saya coba , yang jadi favorit saya itu facial wash, cleansing wipes dan juga micellar water nya. Seandainya nggak ada covid 19, masih pengen cicip varian lain dari simple, karena banyak banget memang range nya yang belum saya coba, huhu. Semoga ada nanti pas pandemi ini selesai saya bisa cicip yang lainnya :). 


All right reserved.
Do not copy-paste without allowance 
Or any permission from authors.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih banyak sudah mampir dan comment ya :)
Jangan spam dan link hidup diantara kita ya, karena bakal aku hapus.

Twitter : @destywids

Fb Fanpage

Instagram : @ destywids


Instagram : @ destywids